Dari Home Industry Bersiap IPO, Hermanto Tanoko Buka-Bukaan Soal 'Kantong' Avian, Ternyata...

Dari Home Industry Bersiap IPO, Hermanto Tanoko Buka-Bukaan Soal 'Kantong' Avian, Ternyata... Kredit Foto: Instagram

Pemilik Cat Avian, Hermanto Tanoko yang juga Presiden Komisaris Tan Corp menaungi banyak lini bisnis dan brand, salah satunya air minum Cleo. Sebagai sosok konglomerat yang luar biasa hebat, Hermanto telah menjadikan tiga perusahaannya go public seperti Cleo, TANRISE dan Manzone. Cleo pertama kali IPO pada 5 Mei 2017.

Pada tahun 1982 yakni kali pertama Hermanto Tanoko bergabung dengan Avian yang didirikan ayahnya, Hermanto pun bertanya.

"Avian akan dibawa ke mana?" tanyanya.

"Ini harus menjadi pabrik cat nomor satu di Indonesia," jawab ayahnya, Soetikno Tanoko yang merupakan pendiri awal Avian.

Baca Juga: Lahir di Kandang Ayam, Hermanto Tanoko Kini Jadi Konglomerat Besar dengan 77 Perusahaan

Seketika Hermanto pun semakin bersemangat untuk mewujudkan itu meski dahulu, pabriknya hanya home industry yang dikelilingi sawah.

Sejak tahun 1978 hingga 2021 Avian terus bertumbuh. Belum lama ini, Avian memabngun Avian Innovation Center sebagai laboratorium seluas 5.000 meter persegi, lima lantai dengan modal Rp100 miliar untuk mengeluarkan berbagai macam paten dan menyelesaikan masalah.

Meski Indonesia dilanda pandemi Covid-19, bisnis Tan Corp beserta Avian justru meningkat. Strateginya yakni Hermanto terus melakukan ekspansi dan mengeluarkan produk-produk baru.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini