5 Negara yang Jadi Surganya Para Pecinta Buku: Dari Jepang hingga Korea Juga Ada!

5 Negara yang Jadi Surganya Para Pecinta Buku: Dari Jepang hingga Korea Juga Ada! Kredit Foto: Reuters/Toru Hanai

Membaca merupakan kegiatan paling menyenangkan bagi para pecintanya. Dengan gemar membaca, tentu akan banyak pula ilmu dan pengetahuan yang didapatkan. 

Bangsa yang para penduduknya gemar membaca, juga lebih cepat maju daripada yang kurang atau enggak sama sekali. Nggak heran, buku menjadi salah satu yang paling dicintai oleh masyarakat suatu negara tersebut. Baca Juga: The Power of Baca Sampai Tuntas Eps 6: Azhar Nurun Ala

Bahkan, ada beberapa kota di dalam suatu negara dijuluki sebagai surganya para si book lovers lho. Penasaran? Yuk simak ulasan berikut. Baca Juga: Ciri-Ciri Orang Malas #BacaSampaiTuntas, Kamu Termasuk?

Jimbocho, Jepang

Jepang merupakan salah satu negara maju di kawasan Asia, yang memiliki budaya membaca yang sangat tinggi lho. Tak ayal, Jepang dijuluki sebagai surganya para pecinta buku.

Buat kalian si penyuka buku, bisa nih melipir ke distrik Jimbocho yang berada di kawasan Chidoya. Distrik Jimbocho ini merupakan pusatnya toko buku sekaligus menjadi pusat percetakan buku, toko seni, dan toko antik.

Kelompok pecinta buku dan sastra di Jepang memiliki tempat berkumpul khusu di distrik Jimbocho ini lho!

Hay-on-Wye, Wales

Kota kecil yang berada di perbatasan Inggris ini merupakan surganya para pecinta buku lho, Guys! Hye-on-Wye ini tepatnya berada di pinggiran sungai Wye di Powys, Wales.

Meski disebut kota kecil, tapi daerah ini dijuluki sebagai surganya para pecinta buku. Banyak sekali toko buku yang tersebar di daerah tersebut. 

Menurut situs Amusing Planet, keberadaan toko buku di Hay-on-Wye ini pertama kali dipopulerkan oleh Richard Booth pada 1961. Pria ini mendirikan toko buku bekas yang akhirnya menjadi populer dan diikuti oleh para tetangganya kala itu.

Mundal, Norwegia

Kota kecil nan Indah di Norwegia ini punya koleksi buku yang melebihi jumlah penduduknya lho, Guys!

Seperti yang disebut dalam laman Travel and Traisure, Mundal merupakan kota terpencil yang dihuni oleh 280 jiwa. Tetapi, ada lebih dari 150.000 buku yang ada di sana. 

Maka tak ayal, Mundal seringkali dijuluki sebagai The Norwegian Booktown alias Kota Buku Norwegia.

Paju, Korea Selatan

Korea Selatan juga punya kawasan yang dijuluki sebagai surganya para pecinta buku. Tepatnya ada di Kota Paju, bahkan kawasan ini diberi nama sebagai Paju Book City.

Kawasan ini memang dibangun khusus oleh pemerintah Korea Selatan sebagai Industri buku negara itu. Terdapat sekitar 250 penerbit buku yang setiap harinya melakukan berbagai aktivitas, perpustakaan-perpustakaan, hingga kafe buku.

Forest of Wisdom adalah salah satu perpustakaan besar yang berada di Paju Book City. Lebih dari 200.000 koleksi buku ada di perpustakaan itu lho.

Frankfurt, Jerman

Bisa dikatakan, membaca merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari penduduk di Jerman. Tak ayal kalau Jerman juga bisa dijuluki sebagai surganya para pecinta buku, khususnya Kota Frankfurt.

Bahkan, Jerman sendiri memiliki kegiatan besar yang khas dan berkaitan dengan buku. Apalagi kalau bukan Frankfurt Buchmesse atau Frankfurt Book Fair.

Pameran Buku Fankrurt ini merupakan pameran perdagang buku internasional terbesar di dunia lho. Acara tahunan ini berlangsung selama lima hari pada bulan Oktober. Pameran besar ini biasanya diselenggarakan di Frankfurt Trade Air, Jerman.

Indonesia juga pernah ikut serta dalam meramaikan Frankfurt Book Fair 2019, dengan mengusung tema "17.000 Island of Imagination".  Saat itu, Indonesia menghadirkan ratusan jenis konten mulai dari buku cetak hingga tokoh animasi.

Berbagai kota di Indonesia

Eits, Indonesia juga duiuluki sebagai surganya para pecinta buku lho. Meski survei mengatakan Indonesia berada di tingkat terendah dalam hal literasi membaca, negara Kepulauan ini juga memiliki banyak tempat khusus untuk para pecinta buku.

Banyak perpustaakan, toko hingga kafe buku yang tersebar luas di berbagai kota di Indonesia. Seperti Pasar Kenari yang dijadikan sebagai sentra belanja buku di Jakarta; Kineruku sebagai surga para pecinta buku sekaligus kopi yang berada di Bandung; dan masih banyak lagi.

Banyak tempat yang disediakan khusus untuk para pecinta buku , hanya saja kembali ke pribadi masing-masing untuk mulai membiasakan diri membaca buku.

Semoga bermanfaat!

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini