Temui Anak Buah Biden, Menlu Retno Langsung Bahas Isu Laut China Selatan

Temui Anak Buah Biden, Menlu Retno Langsung Bahas Isu Laut China Selatan Kredit Foto: Twitter/SecBlinken

Pandemi tak menghalangi Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi untuk melakukan kunjungan bilateral ke Amerika Serikat (AS). Kunjungan ini menandai lembaran baru hubungan diplomatik kedua negara.

Ini terlihat dari dimulainya dialog strategis (strategic dia­logue) dengan Menlu AS An­thony Blinken.

Baca Juga: India Mungkin Tidak Kooperatif dalam Masalah China Jelang Kunjungan Blinken, Apa yang Diharapkan?

“Indonesia dan Amerika me­masuki era baru dalam hubungan bilateral. Dari sisi hubungan an­tar Pemerintah, satu lembaran baru kita buka. Untuk pertama kalinya menteri luar negeri AS dan menteri luar negeri Indone­sia melakukan dialog strategis,” ucap Menlu Retno dalam jumpa pers dari Washington DC, AS, Kamis pagi (5/8/2021) waktu Jakarta.

Dialog itu merupakan hasil dari kesepakatan yang sudah dibuat pada 2015. Retno yakin, dialog strategis ini akan mem­perkuat engagement AS-Indone­sia dalam menciptakan stabilitas dan perdamaian di kawasan.

Dalam kunjungan ke Negeri Paman Sam itu, Retno juga ber­temu National Security Advisor (NSA) Jake Sullivan, Direktur­ CIA Bill Burns, serta industri di bidang vaksin, seperti Pfizer. Ini adalah kunjungan bilateral pertama Indonesia ke di AS di era pemerintahan Presiden Joe Biden.

Retno menambahkan, dirinya adalah menlu pertama dari ASE­AN (Perhimpunan Bangsa-Bang­sa Asia Tenggara) yang secara resmi diterima Menlu Blinken. “Saya juga Menteri Luar Negeri ASEAN pertama yang secara resmi diterima Menlu Blinken,” ujar mantan Duta Besar RI untuk Norwegia dan Belanda itu.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini