Jangan Asal Beli Saham, Ini 3 Prinsip Dasar Investasi Warren Buffett, Investor Pemula Wajib Baca!

Jangan Asal Beli Saham, Ini 3 Prinsip Dasar Investasi Warren Buffett, Investor Pemula Wajib Baca! Kredit Foto: Investors

Oracle of Omaha alias Warren Buffett adalah salah satu investor legendaris dan miliarder paling dikagumi di dunia. Pengalamannya di dunia investasi telah menginspirasi banyak investor besar. Pendekatan Warren Buffett, yang dikenal sebagai investasi nilai, adalah kebalikan dari investasi cepat kaya yang spekulatif seperti mata uang kripto.

Adapun strategi yang diambil Warren Buffett harus fokus pada fundamental perusahaan saat memutuskan di mana harus mengalokasikan uang mereka. Berikut ini tiga prinsip dasar investasi dari Warren Buffett, yang dikutip dari buku "Warren Buffett on Business: Principles from the Sage of Omaha" CNBC Make It di Jakarta, Senin (9/8/21)!

Baca Juga: The Real Investor! Warren Buffett Kantongi Untung Rp115 Triliun Hanya dari Saham Ini!

1. Ketahui bisnis yang ingin Anda Investasikan

"Jangan pernah berinvestasi dalam bisnis yang tidak dapat Anda pahami," itulah pesan Warren Buffett.

Seorang investor harus berpegang teguh pada apa yang diketahuinya saat ingin berinvestasi. Artinya, dia hanya membeli saham dalam bisnis jika mengerti apa yang dilakukannya dan bagaimana bisnis itu akan terus menghasilkan uang untuknya di masa depan.

Hal itu, dibuktikan Warren Buffett dari portofolio saham yang dimilikinya, diantaranya Coca-Cola, American Express, dan Apple. Ketiga perusahaan ini terbukti terus berkembang dan menghasilkan keuntungan bagi pemegang sahamnya.

Buffett menyayangkan investor pemula terkadang terjebak pada iming-iming keuntungan atau saham IPO (penawaran umum perdana), namun kemudian melepaskannya dengan mudah hanya karena berpegang pada investasi keuntungan, bukan investasi nilai.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini