Australia Mulai Kibarkan Demokrasi Perdagangan dari China ke India, Apa Maksudnya?

Australia Mulai Kibarkan Demokrasi Perdagangan dari China ke India, Apa Maksudnya? Kredit Foto: AP Photo/Rick Rycroft

Utusan khusus Australia dan mantan Perdana Menteri Tony Abbott mengatakan perjanjian perdagangan bebas antara negaranya dan India akan menandakan "kemiringan dunia yang demokratis dari China."

Dilansir Associated Press, Senin (9/8/2021), Abbott mengunjungi New Delhi pekan lalu sebagai utusan perdagangan khusus Australia untuk India karena pemerintah Australia memberikan prioritas untuk menyegel kesepakatan perdagangan bilateral.

Baca Juga: Pakistan Desak Dunia Minta Pertanggungjawaban India, Ini Terkait soal...

Dalam sebuah opini yang mungkin membuat marah Beijing yang diterbitkan di surat kabar The Australian pada Senin (9/8/2021). Dalam tulisan itu, Abbott mengatakan “jawaban untuk hampir setiap pertanyaan tentang China adalah India.”

“Dengan negara adidaya lain yang muncul di dunia menjadi lebih agresif hampir dari hari ke hari, demi kepentingan semua orang India mengambil tempat yang semestinya di antara negara-negara secepat mungkin,” tulis Abbott.

“Karena kesepakatan perdagangan adalah tentang politik dan juga ekonomi, kesepakatan cepat antara India dan Australia akan menjadi tanda penting dari kemiringan dunia demokrasi dari China, serta meningkatkan kemakmuran jangka panjang kedua negara kita,” tambah Abbott.

Abbott adalah perdana menteri ketika China dan Australia menyelesaikan kesepakatan perdagangan bebas bilateral yang mulai berlaku pada tahun 2015. Dia juga menjadi tuan rumah kunjungan kenegaraan oleh Presiden China Xi Jinping setahun sebelumnya.

Hubungan sejak itu memburuk karena masalah termasuk Australia yang melarang raksasa telekomunikasi China Huawei dari proyek infrastruktur komunikasi besar, melarang campur tangan asing terselubung dalam politik Australia dan menyerukan penyelidikan independen terhadap asal usul pandemi COVID-19.

Abbott menuduh Beijing melakukan “boikot yang berubah-ubah” terhadap ekspor Australia termasuk batu bara, jelai, anggur, dan makanan laut yang menunjukkan penggunaan perdagangan oleh Tiongkok sebagai “senjata strategis.”

“Masalah dasarnya adalah bahwa kekuatan China yang menakutkan adalah konsekuensi dari keputusan dunia bebas untuk mengundang kediktatoran komunis ke dalam jaringan perdagangan global,” kata Abbott.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini