Gegara PPKM, Keyakinan Konsumen Merosot Tajam

Gegara PPKM, Keyakinan Konsumen Merosot Tajam Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Survei Konsumen Bank Indonesia pada Juli 2021 mengungkapkan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi tertahan, seiring dengan kebijakan pengetatan mobilitas atau PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Level 4 oleh pemerintah untuk mengatasi peningkatan penyebaran varian Delta Covid-19. 

Setelah pada periode April - Juni 2021 berada pada area optimis (>100), Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Juli 2021 tercatat sebesar 80,2, lebih rendah dibandingkan dengan 107,4 pada Juni 2021. Baca Juga: Pesan BI, Keyakinan Konsumen Perlu Dijaga di Tengah PPKM Darurat

"Tertahannya keyakinan konsumen pada Juli 2021 disebabkan konsumen memprakirakan ekspansi kondisi perekonomian pada 6 bulan ke depan masih terbatas, baik dari aspek kegiatan usaha maupun ketersediaan lapangan kerja," ujar Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono di Jakarta, Senin (9/8/2021).

Meski demikian, lanjut Erwin, ekspektasi konsumen terhadap penghasilan ke depan tetap terjaga pada area optimis.

Pada saat yang sama, konsumen mempersepsikan kondisi ekonomi saat ini belum sesuai yang diharapkan, ditengarai sejalan dengan penurunan aktivitas ekonomi dan penghasilan masyarakat yang lebih terbatas karena adanya PPKM Level 4 di berbagai wilayah di Indonesia.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini