Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kolaborasi BukuWarung X Ayoconnect Siap Bantu 6,5 Juta UMKM Tingkatkan Penjualan Produk Digital

Kolaborasi BukuWarung X Ayoconnect Siap Bantu 6,5 Juta UMKM Tingkatkan Penjualan Produk Digital Kredit Foto: BukuWarung
Warta Ekonomi, Jakarta -

Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan usaha milik perseorangan atau badan usaha perorangan yang produktif. Untuk Indonesia sendiri UMKM memiliki peluang usaha yang sangat besar, pada tahun 2019  UMKM berkontribusi sebanyak Rp8.573 triliun terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional.

Guna mendukung UMKM BukuWarung, perusahaan teknologi yang memiliki misi memajukan bisnis UMKM Indonesia melakukan kerjasama dengan Ayoconnect, perusahaan pengembang solusi API finansial. Kerja sama antar kedua perusahaan memungkinkan 6,5 juta UMKM pengguna BukuWarung untuk meningkatkan pendapatan bisnis mereka melalui penjualan produk digital.

Baca Juga: Startup BukuWarung Kantongi Pendanaan Rp870 Miliar

CEO dan Co-Founder BukuWarung Abhinay Peddisetty mengatakan jika peluang UMKM terhadap negeri sangat menjanjikan. Tidak hanya itu pertumbuhan yang beriringan dengan teknologi juga membantu mengenalkan kepada banyak masyarakat lebih banyak peluang usaha.

“Permintaan pasar terhadap produk digital, seperti pulsa telepon seluler, token listrik dan uang elektronik cenderung semakin bertumbuh. Melalui tambahan fitur ini, lebih dari 6,5 juta pengguna BukuWarung mendapatkan tambahan komoditas usaha untuk ditawarkan kepada pelanggan mereka,” katanya.

Selain penambahan komoditas usaha, Abhinay juga mengatakan jika BukuWarung menggunakan sebaik mungkin situasi pandemi sebagai peluang bagus.

“Pengguna kami, yakni para pedagang UMKM, berpeluang mendapatkan peningkatan pendapatan di tengah situasi sulit pandemi Covid-19. Proses transaksi yang sepenuhnya online membuat penjualan produk digital tidak terpengaruh pembatasan rute logistik,” papar Abhinay.

Saat ini BukuWarung telah menambahkan sebuah fitur terbaru yang memfasilitasi penjualan pulsa ponsel, token listrik, hingga top-up uang elektronik. Kategori produk digital yang akan tersedia akan terus bertambah dalam waktu dekat.

Menyambut kolaborasi strategis ini, CEO dan Founder Ayoconnect, Jakob Rost mengatakan jika akan berusaha membantu memajukan produktifitas UMKM melalui kerjasama dengan BukuWarung.

 “Kami bangga dapat menjadi bagian dari perjalanan BukuWarung dalam mendorong transformasi digital dan inklusi keuangan bagi UMKM Indonesia. Ke depannya, kami akan terus mendukung mitra kami dengan membangun infrastruktur ekosistem tekfin Indonesia melalui solusi berbasis API,” kata Jakob.

Penulis: Nuzulia Nur Rahma
Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel:

Video Pilihan