Anies Baswedan Punya Dua Pedoman Biar Jakarta Nggak Tenggelam, Yaitu....

Anies Baswedan Punya Dua Pedoman Biar Jakarta Nggak Tenggelam, Yaitu.... Kredit Foto: Instagram/Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, mengatakan bahwa ada dua prioritas utama Pemprov DKI dalam menyusun kebijakan di Ibu Kota. Anies menyebut, kedua hal itu adalah people (orang) dan planet. 

“Dua ini selaras di pusat kebijakan. Jadi keadilan sosial dan keadilan ekologis adalah semangat yang terus menjiwai semua kebijakan di Jakarta,” kata Anies dalam diskusi virtual, Selasa (10/8/2021). Baca Juga: Tanpa Tedeng Aling-Aling! Anies Baswedan Bilang Jakarta Gak Akan Tenggelam Kalau.....

Anies mencontohkan, kedua hal itu menjadi dasar bagi Pemprov DKI dalam membangun transportasi publik yang lebih baik. Sebab, jelas dia, pihaknya lebih memprioritaskan pejalan kaki dibandingkan kendaraan pribadi yang dapat memproduksi gas rumah kaca. Baca Juga: Polda Metro Jaya Berani Bilang Jakarta Sudah Mencapai Herd Immunity

Selain itu, sambung dia, dua hal ini juga dijadikan pedoman untuk menangani prediksi Jakarta akan tenggelam. “Menangani Jakarta tenggelam, people dan planet adalah prioritas yang kami utamakan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Anies menuturkan, pendekatan ilmiah juga menjadi salah satu pertimbangan bagi pihaknya dalam membuat suatu kebijakan. Pemprov DKI, kata dia, sangat terbuka dengan berbagai masukan yang menggunakan kajian ilmiah dalam mencari solusi untuk mengatasi berbagai masalah di Jakarta.

Sebab, ia meyakini bahwa ilmu pengetahuan atau sains memiliki sifat yang dinamis sehingga kebijakan yang diterapkan tetap memerhatikan kelestarian alam maupun lingkungan sekitar.

“Saya percaya sains dinamis dan tidak dogmatik. Kalau ada yang secara ilmiah kebijakan Jakarta harus ada yang diperbaiki, yuk kita perbaiki sama-sama. Yang penting prioritas tadi tidak kelewat, people, planet, keadilan dan kelestarian,” jelas dia. 

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini