Raisi Diundang Hadiri Pertemuan Puncak Regional di Irak, Diramal Bersua Erdogan dan Raja Salman

Raisi Diundang Hadiri Pertemuan Puncak Regional di Irak, Diramal Bersua Erdogan dan Raja Salman Kredit Foto: CNN

Presiden baru Iran yang konservatif Ebrahim Raisi telah diundang ke pertemuan puncak regional yang direncanakan di Baghdad. Pengumuman disampaikan oleh kantor kepresidenan Iran pada Selasa (10/8/2021) selama kunjungan diplomat top Irak.

Undangan itu disampaikan ke ibu kota Iran oleh Menteri Luar Negeri Irak Fuad Hussein. Sehari setelah Baghdad mengumumkan pertemuan puncak yang ditetapkan akhir bulan ini.

Baca Juga: Macron Menyerukan Iran Kembali ke Pembicaraan Nuklir Sebelum Barat...

Presiden Prancis Emmanuel Macron telah mengkonfirmasi bahwa dia berencana untuk hadir, sementara Irak mengatakan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Raja Arab Saudi Salman juga telah diundang.

Kepresidenan Iran tidak mengkonfirmasi apakah Raisi akan menerima undangannya, tetapi sebuah pernyataan setelah pertemuannya dengan Hussein mengutip dia menyambut inisiatif Irak.

“Kerja sama antara negara-negara kawasan tanpa campur tangan asing adalah syarat yang diperlukan untuk keamanan kawasan yang stabil,” tambah Raisi dalam sebuah pernyataan, dikutip laman Times of Israel, Kamis (12/8/2021).

Pengumuman kepresidenan datang setelah Hussein bertemu dengan timpalannya dari Iran Mohammad Javad Zarif di Teheran, menurut media Iran.

Kedua pria tersebut membahas “hubungan bilateral dan perkembangan regional dan internasional terbaru,” kata kantor berita ISNA.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini