Rencana Latihan Bersama Amerika-Korsel Berlanjut, Korut Ulangi Kutukan yang Sama, Awas!

Rencana Latihan Bersama Amerika-Korsel Berlanjut, Korut Ulangi Kutukan yang Sama, Awas! Kredit Foto: AP Photo/KCNA

Korea Utara pada Rabu (11/8/2021) mengulangi ancaman untuk menanggapi latihan militer Amerika Serikat-Korea Selatan yang diklaimnya sebagai latihan invasi. Sementara di lain pihak, Washington  bersikeras bahwa latihan itu "murni bersifat defensif" untuk menjaga keamanan Korea Selatan.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh media pemerintah pada Rabu, pejabat senior Korea Utara Kim Yong Chol mengutuk Korea Selatan karena melanjutkan latihan sekutu. Dia juga memperingatkan tindakan balasan yang tidak ditentukan yang akan membuat Seoul “sadar dari menit ke menit” bahwa mereka telah memasuki krisis keamanan.

Baca Juga: Korsel Bikin Adik Perempuan Kim Jong Un Murka: Janji Korut Beri Balasan Kuat Jika Amerika...

Sekutu belum mengkonfirmasi kapan latihan akan berlangsung atau rincian lainnya, tetapi media lokal telah melaporkan pelatihan pendahuluan sedang berlangsung minggu ini untuk menyiapkan latihan simulasi komputer yang lebih besar pada 16-26 Agustus.

Berbicara kepada wartawan di Washington, juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price menekankan bahwa latihan itu “murni bersifat defensif.”

“Seperti yang telah lama kami pertahankan, Amerika Serikat tidak memiliki niat bermusuhan terhadap DPRK,” kata Price, menggunakan inisial nama resmi negara itu, dikutip laman Associated Press, Kamis (12/8/2021).

“Kami mendukung dialog antar-Korea, kami mendukung keterlibatan antar-Korea dan akan terus bekerja dengan mitra (Korea Selatan) kami untuk mencapai tujuan itu.”

Pemerintah Korea Selatan dalam sebuah pernyataan meminta Korea Utara untuk menanggapi tawarannya untuk berdialog dan mengatakan "meningkatkan ketegangan militer di Semenanjung Korea tidak akan membantu siapa pun."

Juru bicara PBB Stephane Dujarric menegaskan kembali “bahwa diplomasi adalah satu-satunya jalan menuju perdamaian yang berkelanjutan” dan menyerukan “penurunan ketegangan retoris yang kita lihat.”

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini