Bagaimana Taliban Menguasai Afghanistan Begitu Cepat? Periksa Kekuatannya, Secara Teori...

Bagaimana Taliban Menguasai Afghanistan Begitu Cepat? Periksa Kekuatannya, Secara Teori... Kredit Foto: AP Photo/Mohammad Asif Khan

Kecepatan kemajuan Taliban di Afghanistan tampaknya mengejutkan banyak orang -ibu kota regional tampaknya jatuh seperti kartu domino.

Momentumnya jelas dengan para pemberontak, sementara pemerintah Afghanistan berjuang untuk mempertahankan cengkeramannya pada kekuasaan.

Baca Juga: Amerika Bilang Taliban Mungkin Mengeksekusi Pasukan Afghanistan yang Menyerah

Minggu ini, satu laporan intelijen AS yang bocor memperkirakan bahwa Kabul bisa diserang dalam beberapa minggu, dan pemerintah bisa runtuh dalam 90 hari.

Jadi bagaimana itu terurai begitu cepat?

AS dan sekutu NATO -termasuk Inggris- telah menghabiskan bagian terbaik dari 20 tahun terakhir pelatihan dan memperlengkapi pasukan keamanan Afghanistan.

Tak terhitung jenderal Amerika dan Inggris telah mengklaim telah menciptakan tentara Afghanistan yang lebih kuat dan cakap. Janji bahwa hari ini tampak cukup kosong.

Kekuatan Taliban

Pemerintah Afghanistan, secara teori, harus tetap berada di atas angin dengan kekuatan yang lebih besar yang tersedia.

Pasukan keamanan Afghanistan berjumlah lebih dari 300.000, setidaknya di atas kertas. Itu termasuk tentara Afghanistan, Angkatan Udara dan polisi.

Namun pada kenyataannya negara ini selalu berjuang untuk memenuhi target rekrutmennya.

Tentara dan polisi Afghanistan memiliki sejarah bermasalah dengan korban jiwa yang tinggi, desersi dan korupsi -dengan beberapa komandan yang tidak bermoral mengklaim gaji pasukan yang sebenarnya tidak ada- yang disebut "tentara hantu".

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini