Hari Ini, Jokowi Sampaikan Pidato Kenegaraan dan RAPBN 2022

Hari Ini, Jokowi Sampaikan Pidato Kenegaraan dan RAPBN 2022 Kredit Foto: Antara/Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan pagi ini akan menyampaikan pidato kenegaraan di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD, Jakarta, Senin (16/8/2021).

Presiden akan menyampaikan dua kali pidato kenegaraan. Pertama, pada pukul 08.30 WIB, Jokowi akan menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka HUT RI ke-76 dalam sidang tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD RI.

Baca Juga: Jokowi Pahami Kesulitan Rakyat: Langsung Banjir Pujian

Kedua, pada pukul 10.30 WIB, Presiden akan berpidato dalam rangka penyampaian RUU APBN Tahun Anggaran 2022 diserta nota keuangan dan dokumen pendukungnya. Sebelumnya, Sekretaris Jenderal MPR Ma’ruf Cahyono mengungkapkan, penyelenggaraan Sidang Tahunan MPR Tahun 2021 menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19.

Dalam masa pandemi, prosesi persidangan disesuaikan, lebih disederhanakan penyelenggaraanya. Ia mengatakan, pembatasan juga dilakukan dari jumlah yang hadir secara fisik, dari aspek waktu yang dipercepat, dan proses pelaksanaan sidang paripurna yang lebih sederhana.

"Jadi Sidang Tahunan MPR dilaksanakan dalam satu rangkaian dengan Sidang Bersama DPR dan DPD. Setelah itu, Sidang Paripurna DPR untuk penyampaian nota APBN," kata Ma’ruf.

Ia memastikan, teknis pelaksanaan Sidang Tahunan MPR tahun ini masih sama seperti tahun lalu. Pada tahun 2020, Sidang Tahunan MPR juga digelar di masa pandemi Covid-19.

Sidang Tahunan MPR digelar secara hybrid, luring dan daring, dengan durasi yang sesingkat-singkatnya. Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD dijadikan satu rangkaian.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini