KOL Stories x Bekti Sutikna: Niat Jadi Trader, Sudah Tahu Aturan Mainnya Belum?

KOL Stories x Bekti Sutikna: Niat Jadi Trader, Sudah Tahu Aturan Mainnya Belum? Kredit Foto: Antara/Rivan Awal Lingga

Membeli saat turun dan menjual saat harga naik dalam waktu singkat menjadi prinsip yang diterapkan oleh para trader. Terlihat simple, namun cukup sulit dalam prakteknya ketika kamu memutuskan untuk menjadi seorang trader.

Terdapat lima tingkatan atau level pada trader khususnya saham yakni, Growth Investor, Trend Following Trader, Swing Trader, Day Trader, dan Intraday Trader.

Baca Juga: KOL Stories x Beryl Fredlin: Cara Meningkatkan Performa Bisnis di Kala Pembatasan Super Duper Ketat 

Dari level-level tersebut, seorang trader dituntut memiliki kemampuan untuk menganalisa instrumen investasi secara cepat dan tepat. Selain itu, konsistensi juga menjadi suatu hal yang penting yang mesti dijalankan seorang trader

Belakangn ini popular istilah scalper saham di kalangan pelaku pasar. Hal tersebut didorong oleh kinerja indeks harga saham gabungan (IHSG) yang mengalami volitasitas. Sehingga, banyak investor yang menjalankan teknik trading tersebut. 

Strategi scalping saham adalah sebuah strategi trading di mana kita membeli saham kemudian menjualnya dalam waktu sesingkat-singkatnya. 

Strateegi ini memang bisa memberikan keuntungan dalam waktu singkat, tapi jangan lupa resiko kerugian juga tetap melekat. 

Oleh karena itu, untuk dapat menjalankan strategi investasi terebut diperlukan jam terbanng yang tinggi dan mental yang mumpuni. Nah, bagi kamu yang beminat untuk menjadi trader dan menjalankan teknik scalper perlu terlebih dahulu mengetahui aturan mainnya lho. 

Terkait hal tersebut, Warta Ekonomi melalui KOL Stories berinisiatif untuk memberikan edukasi masyarakat. Kali ini, KOL Stories yang mengangkat tema “Niat Jadi Trader, Sudah Tau Aturan Mainnya Belum?” mengundang Bekti Sutikna yang merupakan salah seorang Professional Trader di Indonesia. 

Apa boleh dijelaskan seebenarnya trader itu apa sih? Apakah berbeda dengan investor? Kalau berbeda apa boleh dijabarkan perbedaaannya seperti apa?

Menurut saya pribadi, seorang trader itu punya tujuan untuk mencari profit dengan memanfaatkan capital gain dan dalam jangka waktu yang singkat, bisa hitungan detik, menit, jam, harian, atau bulanan. Sedangkan kebalikannya, investor akan menyimpannya dalam jangka waktu yang lebih lama. Intinya, kita bisa membedakan keduanya dari jangka waktunya. 

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini