Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Rayakan HUT RI ke-76, PLN Perluas Layanan Pasang Baru Melalui PLN Mobile

Rayakan HUT RI ke-76, PLN Perluas Layanan Pasang Baru Melalui PLN Mobile Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menyambut HUT Republik Indonesia ke-76, PT PLN (Persero) memperluas layanan pemasangan baru (PB) melalui aplikasi New PLN Mobile di Pulau Sulawesi, Nusa Tenggara Barat, dan Sumatera Utara. Selain memudahkan pelanggan dalam tahapan PB, melalui proses yang transparan yang bisa dipantau langsung oleh pelanggan.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan, Bob Saril, mengungkapkan, PLN Mobile merupakan sarana untuk meningkatkan pelayanan PLN kepada pelanggan sekaligus meningkatkan pengalaman pelanggan. Aplikasi ini juga mengintegrasikan semua program, standar operasional prosedur (SOP), dan proses bisnis menjadi satu kesatuan yang bermuara pelayanan sebaik-baiknya kepada pelanggan.

Baca Juga: PLN Kucurkan Investasi Rp20,6 M untuk Terangi 2.678 KK di NTT dan Perbatasan Timor Leste

"Dengan adanya fitur baru ini, kini pelanggan di Sulawesi, NTB, dan Sumatera Utara sudah dapat menikmati seluruh fitur PLN Mobile. Mulai pembelian token dan pembayaran tagihan, ubah daya, catat meter, pengaduan gangguan & keluhan, pasang baru, serta 5 sub fitur yang terdiri dari monitor pemakaian paskabayar, monitor pembelian token, notifikasi tagihan, informasi progres penyelesaian gangguan, notifikasi padam & pemeliharaan," ujar Bob dalam acara Launching Menu Pasang Baru Aplikasi PLN Mobile di UIW Suluttenggo, UIW Sumatera Utara, UIW NTB, dan UIW Sulselrabar, Selasa (17/8/2021).

Sebelumnya, menu Pasang Baru (PB) dalam PLN Mobile sudah bisa dinikmati seluruh pelanggan di Pulau Jawa, Madura, dan Bali pada 1 Juli 2021. Masuknya menu ini untuk wilayah pelayanan Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo (Suluttenggo); Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (Sulselrabar); Nusa Tenggara Barat (NTB); dan Sumatera Utara (Sumut); menjadikan super apps kebanggaan PLN ini bisa dirasakan manfaatnya oleh makin banyak rakyat Indonesia.

Wakil Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menyampaikan, selaras dengan aspirasi transformasi PLN, yakni customer focused, kualitas aplikasi PLN Mobile terus ditingkatkan untuk menjawab aspirasi pelanggan. Jika dulu pelanggan harus ke kantor pelayanan untuk pasang baru dan tambah daya, sekarang dengan mudah lewat sentuhan jari pada gadget.

Proses pembayaran pun bisa dilakukan melalui m-banking atau channel pembayaran digital lain. Setelah itu, pelanggan langsung dapat dilayani dalam waktu yang lebih singkat karena tersinkronisasi dengan aplikasi.

"Kesuksesan fitur tersebut tentunya sangat memerlukan dukungan sosialisasi yang masif. Oleh karena itu, perlu ada upaya, strategi, dan pendekatan khusus sehingga informasi kemudahan layanan ini dapat tersampaikan kepada masyarakat dan menjadi bermanfaat. Harapan saya, seluruh rakyat Indonesia bisa memanfaatkan fitur pendukung PLN Mobile ini," kata Darmawan.

Pada hari ini, Rabu (18/8/2021), menu Pasang baru (PB) sudah dapat dinikmati oleh pelanggan PLN Mobile pada 3 Unit Induk Wilayah di Regional Sulawesi, Maluku, Papua Nusa Tenggara, yaitu Unit Induk Wilayah (UIW) Sulawesi Tengah, Utara dan Gorontalo (SUTG), Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat (SSTB), dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Bisnis Regional Sumatera dan Kalimantan, Muhammad Ikbal Nur, menyampaikan saat ini menu Pasang Baru (PB) baru dapat diakses oleh pelanggan UIW Sumut. Hal ini karena UIW Sumut adalah unit paling besar di Sumatera dan Kalimantan yang didukung dengan infrastruktur paling maju. Ia pun menargetkan pada Hari Listrik Nasional 2021, semua unit di Sumatera dan Kalimantan sudah dapat menggunakan fitur pasang baru ini.

Adapun cara melakukan pemasangan baru via PLN Mobile, pelanggan dapat memulainya dengan memilih menu layanan listrik. Kemudian memilih fitur pasang baru, sekaligus mengonfirmasi titik lokasi pemasangan. Setelah itu, pelanggan dapat melengkapi formulir yang disediakan. Lalu tekan submit, bila semua ketentuan sudah terisi dengan baik.

Sementara untuk melakukan pengecekan status permohonan, pelanggan bisa memilih menu layanan listrik, kemudian pilih tombol riwayat di pojok kanan atas, dan setelah ada tampilan list permohonan lalu klik untuk melihat detail.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bethriq Kindy Arrazy
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: