Badan Atom Dunia: Iran Kebut Pengayaan Uranium Tingkat Senjata Nuklir hingga 90%

Badan Atom Dunia: Iran Kebut Pengayaan Uranium Tingkat Senjata Nuklir hingga 90% Kredit Foto: Instagram/Ebrahim Raisi

Iran telah mempercepat pengayaan uraniumnya mendekati tingkat senjata, pengawas atom PBB mengatakan dalam sebuah laporan pada Selasa (17/8/2021) seperti dilaporkan oleh Reuters. Ini adalah sebuah langkah yang meningkatkan ketegangan dengan Barat karena kedua belah pihak berusaha untuk melanjutkan pembicaraan tentang menghidupkan kembali kesepakatan nuklir Teheran.

Baca Juga: Kata-kata Ngeri Ini Keluar dari Mulut Presiden Iran: Suatu Hari, Kami Perkaya 90% Uranium

Iran meningkatkan kemurnian penyulingan uraniumnya menjadi 60 persen kemurnian fisil dari 20 persen pada April sebagai tanggapan atas ledakan dan pemadaman listrik di situs Natanz-nya yang merusak produksi di pabrik pengayaan bawah tanah utama di sana.

Iran menyalahkan serangan itu pada Israel. Tingkat senjata memiliki kemurnian sekitar 90 persen.

Pada bulan Mei, Badan Energi Atom Internasional melaporkan bahwa Iran menggunakan satu kaskade, atau cluster, sentrifugal canggih untuk memperkaya hingga 60 persen di pabrik pengayaan percontohan di atas tanah di Natanz.

IAEA memberi tahu negara-negara anggota pada hari Selasa bahwa Iran sekarang menggunakan kaskade kedua untuk tujuan itu juga.

Langkah ini adalah yang terbaru dari banyak Iran yang melanggar pembatasan yang diberlakukan oleh kesepakatan nuklir 2015, yang membatasi kemurnian di mana Teheran dapat memurnikan uranium pada 3,67 persen.

Amerika Serikat dan sekutu Eropanya telah memperingatkan langkah-langkah seperti itu mengancam pembicaraan tentang menghidupkan kembali kesepakatan, yang saat ini ditangguhkan.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini