Daftar 6 Perpustakaan Terkeren di Dunia, Indonesia Juga Punya!

Daftar 6 Perpustakaan Terkeren di Dunia, Indonesia Juga Punya! Kredit Foto: Istimewa

Image perpustakaan sebagai tempat yang membosankan kini makin memudar. Apalagi kalau mendatangi perpustakaan-perpustakaan terkeren di dunia, desainnya menarik dan sangat kekinian.

Yuk intip 6 perpustakaan terkeren dan termegah di dunia berikut ini dan #BacaSampaiTuntas Ya! 

1. Stuttgart City Library, Jerman

Menjadi negara dengan masyarakat yang gemar membaca, tak ayal kalau banyak perpustakaan yang tersebar di penjuru kota di Negara Jerman. Salah satunya Stuttgart City Library, yang suasananya bikin kamu serasa di luar angkasa!  Baca Juga: 5 Negara yang Jadi Surganya Para Pecinta Buku: Dari Jepang hingga Korea Juga Ada!

Stuttgart City Library merupakan salah satu perpustakaan terbaik di Jerman. Perpustakaan ini memiliki bentuk bangunan kubik yang unik dan hampir seluruh ruangannya didominasi dengan warna putih.

2. Vennesla Library and Culture House, Norwegia

Kalau nanti berkunjung ke Norwegia jangan lupa mampir ke Vennesla Library and Culture House ya, Guys! Perpustakaan yang satu ini mengusung tema modern dan minimalis dan tetap mengutamakan kenyamanan para pengunjung.

Ruangan perpustakaan ini sangat besar dan sering disebut menyerupai perut ikan paus. Setiap ruangan tempat penyimpanan buku di perpustakaan Vennesla ini menjadi satu dengan ruang membaca.

3. Library of Congress, Amerika Serikat

Siapa sih yang enggak kenal dengan perpustakaan termegah di Amerika Serikat ini? Bukan hanya bangunannya yang menawan, Library of Congress ini juga mendapat predikat sebagai perpustakaan terbesar di dunia.

Salah satu keunikan perpustakaan ini adalah Patung Dewi Minerva yang juga menjadi simbol dari Library of Congress. Perpustakaan ini juga sering dijadikan sebagai lokasi konser genre klasik.

4. Qatar National Library, Qatar

Perpustakaan terkeren di dunia selanjutnya ada di Qatar, Timur Tengah. Qatar National Library ini merupakan perpustakaan yang memiliki luas sekitar 45.000 meter persegi yang dirancang oleh OMA, perusahaan asal Belanda.

Sejak dibuka pada 2017 lalu, perpustakaan ini memiliki lebih dari satu juta koleksi buku lho! Perpustakaan ini juga bikin nyaman karena interiornya yang sangat modern dan futuristik.

5. Perpustakaan Soeman Hasibuan, Kota Pekanbaru

Eits, Indonesia juga punya banyak perpustakaan terkeren di dunia, salah satunya ialah Perpustakaan Soeman Hasibuan yang juga menjadi salah satu ikon Kota Pekanbaru.

Perpustakaan yang satu ini memiliki bentuk bangunan yang unik. Di sekeliling dinding interiornya menggunakan kaca-kaca lebar sehingga para pengunjung yang datang dapat membaca sekaligus menikmati pemandangan Kota Pekanbaru yang indah.

Selain digunakan untuk mencari dan membaca buku, Perpustakan Soeman HS ini juga dijadikan sebagai tempat penyimpanan arsip kuno dan ruang publik bagi masyarakat. 

6. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Jakarta

Perpustakaan terkeren lainnya juga ada di Ibu Kota DKI Jakarta, yaitu Perpustakaan Nasional Republik Indonesia alias Perpusnas yang lokasinya berhadapan langsung dengan Tugu Monumen Nasional (Monas).

Terdiri dari 27 lantai dengan ketinggian 126,3 meter, Perpusnas mendapat predikat sebagai perpustakaan tertinggi di dunia. Buat kalian yang suka Kongkow dan gemar baca, bisa lho menghabiskan waktu di perpustakaan yang satu ini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini