Kirim 110 Juta Lebih Paket, Ninja Xpress Catatkan Peningkatan 80% Pengiriman pada Semester 1 2021

Kirim 110 Juta Lebih Paket, Ninja Xpress Catatkan Peningkatan 80% Pengiriman pada Semester 1 2021 Kredit Foto: Ninja Xpress

Ninja Xpress mencatat adanya jumlah pengiriman paket lebih dari 110 juta paket serta pertumbuhan kinerja yang signifikan pada semester 1 tahun 2021. Dibandingkan dengan semester 1 2020, Ninja Xpress mengalami peningkatan pengiriman pada semester 1 tahun 2021 sebanyak lebih dari 80%.

"Indonesia dikenal sebagai wilayah kepulauan sebanyak 17.499 pulau dari Sabang sampai Merauke. Oleh karena itu, kami selalu percaya logistik memegang peran penting sebagai penghubung dari satu pulau ke pulau lain. Untuk itu, kami selalu fokus memberikan layanan dan jasa pengiriman yang optimal untuk konsumen dan memberikan dukungan bagi UKM selaku shipper kami melalui berbagai program. Berkat kerja sama yang baik dengan seluruh pihak, Ninja Xpress memperoleh pencapaian yang baik pada semester 1 tahun 2021," tutur Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (20/8/2021).

Baca Juga: Anteraja Resmi Gandeng Grab Anteraja Perkuat Ekosistem Logistik Berbasis Aplikasi

Pada semester 1 tahun 2021 ini, Ninja Xpress mencatatkan daerah dengan tujuan pengiriman terbanyak berada di Jakarta (26%), Jawa Barat (22%), dan Jawa Tengah (6%). Sisanya, tersebar di seluruh Indonesia. Begitupun dengan daerah pengiriman terbanyak berasal dari Jakarta (44%), Jawa Barat (35%), dan Jawa Tengah (13%). Dibanding dengan semester 1 tahun 2020, Ninja Xpress mencatatkan daerah pengiriman terbanyak berasal dari Jakarta (69%), Jawa Barat (20%), dan Jawa Timur (6%).

Data tersebut menunjukan adanya pergeseran presentase pengiriman terpusat dari dan menuju Jakarta, diharapkan adanya pemerataan ekonomi di seluruh Indonesia. Ninja Xpress sangat berharap pertumbuhan ekonomi dapat terus bertumbuh di seluruh Indonesia. Tidak dapat dimungkiri, UKM memiliki peran strategis terhadap perekonomian nasional.

Tercatat, berdasarkan data Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, UKM berkontribusi 61,1% dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Pemerintah sendiri mencatat pada Kuartal 1 2021 angka pertumbuhan ekonomi berada di kisaran -0,74%, Kuartal 2 2021 pertumbuhan ekonomi tercatat sebesar 7,07%. Hingga saat ini pemerintah tengah mengejar target pertumbuhan ekonomi di tahun 2021 yang berada pada kisaran 3–4%.

Lonjakan pengiriman juga terjadi di masa PPKM Darurat. Adanya keterbatasan mobilitas membuat logistik kembali memegang peranan penting sebagai jembatan komunikasi. Ninja Xpress mencatatkan adanya permintaan pengiriman lebih dari 15 juta paket selama masa PPKM Darurat diberlakukan yang didominasi oleh kategori paket berukuran kecil (paket yang berukuran maksimal 20x11x7cm) yang biasanya berisi kosmetik, aksesoris fashion seperti baju, jam tangan, kacamata, dan lain-lain. Adapun kategori jenis paket lainnya dibagi menjadi paket medium (30x20x12cm) dan paket besar (35x30x20). Ninja Xpress memastikan memberikan pelayanan maksimal yang dibuktikan melalui succes rate sebesar 98% untuk pengantaran ke seluruh Indonesia.

UKM yang terdaftar di dalam Ninja Rewards dan mengalami peningkatan signifikan selama PPKM darurat tercatat berasal dari wilayah Kab. Banyumas, Kota Jakarta Barat, Kota Cirebon, dan Kota Surabaya dengan rata-rata berjualan pakaian, perlengkapan rumah tangga, dan skin care.

Peningkatan di Semester 1 2021 ini makin mendorong Ninja Xpress untuk mendukung pelaku UKM di seluruh Indonesia. Salah satunya melalui Creative Hub, sebuah showroom yang diperuntukkan untuk mendukung UKM menghasilkan materi promosi produk dalam bentuk menarik dan profesional dengan layanan seperti foto produk gratis, iklan di media sosial, kolaborasi gratis bersama para influencer, hingga manajemen konten media sosial. Hingga saat ini, Creative Hub sudah tersedia di Jakarta, Bandung, Bogor, Yogyakarta.

"Kami sangat memperhatikan program Creative Hub yang sudah ada di beberapa kota tersebut, untuk membantu pelaku UKM dalam meningkatkan bisnis. Saya berharap pelaku UKM dapat memanfaatkan dengan maksimal. Menjadi tugas kami ke depan agar dapat menjangkau kesuksesan UKM di seluruh Indonesia. Kami berharap untuk bisa menghadirkan Creative Hub di berbagai kota lainnya," tambah Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress.

Selain Creative Hub, pada awal tahun 2021 Ninja Xpress menginisiasi kerja sama bersama dengan beberapa pemain jasa keuangan seperti Jenius, Pinjam Modal, dan Modal Rakyat memberikan fasilitas permodalan yang aman dan terpercaya untuk memudahkan pelaku UKM dalam mengatasi kendala keterbatasan modal yang tengah dialami.

Fasilitas permodalan dapat dimanfaatkan pelaku UKM melalui program loyalitas Ninja Rewards. Ninja Rewards merupakan komitmen Ninja Xpress sebagai bentuk kepedulian kepada para pelaku UKM atau shipper yang setia menggunakan layanan Ninja Xpress, yang diwujudkan dalam berbagai program penghargaan. Kesemua jenis program penghargaan ini diharap mampu membantu pelaku UKM atau shipper untuk berkembang lebih cepat seperti Point Rewards, Creative Hub, Prima Benefit, Aksilerasi, dan Pinjaman Modal.

"Ninja Xpress berkomitmen untuk terus memperkuat dan memaksimalkan berbagai layanan lainnya seperti layanan customer care melalui respons cepat resolusi tepat, jangkauan wilayah kerja sama dengan Grab, dan program-program pemberdayaan lain untuk bantu UKM mengembangkan bisnis di tengah pandemi. Strategi kami di semester 2 tentunya, kami bertanggung jawab untuk memaksimalkan dan mengevaluasi layanan demi menghadapi peningkatan pengiriman ke depannya guna memberikan pelayanan terbaik untuk pengguna," tutup Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini