Jangan Berlebihan! Kontrol Jumlah Minum Air Agar Tidak Alami Ini…

Jangan Berlebihan! Kontrol Jumlah Minum Air Agar Tidak Alami Ini… Kredit Foto: Le Minerale

Manusia memang dianjurkan untuk membiasakan gaya hidup rutin minum air putih untuk menjaga serta menghindari risiko yang membahayakan kesehatan. Akan tetapi, minum air berlebih juga bisa memberikan dampak yang merugikan tubuh Anda.

Seperti yang umum diketahui, sesuatu yang berlebihan bukan merupakan hal yang baik, begitu juga dengan minum air putih. Kebanyakan minum air putih, atau overhydration, membuat kadar garam dan elektrolit dalam tubuh menjadi terlalu encer yang pada akhirnya menyebabkan keracunan air. Apabila elektrolit dalam tubuh Anda turun terlalu cepat, dapat menimbulkan akibat yang fatal.

Tak hanya itu, kebanyakan minum juga menyebabkan terlalu banyak air yang terkumpul di aliran darah Anda. Hal ini terjadi karena ginjal tak mampu mengeluarkan seluruh kadar air yang Anda minum.

Baca Juga: Jangan Diabaikan! Ini 6 Tanda Kamu Kurang Minum Air Putih

Apa gejala terlalu banyak minum?

Dilansir dari Healthline, terlalu banyak minum dapat menimbulkan beberapa gejala umum, di antaranya mual dan muntah, sakit kepala, serta perubahan kondisi mental seperti kebingungan dan disorientasi.

Kemudian, apabila kondisi overhydration terus berlangsung dapat menyebabkan kadar sodium dalam darah menjadi sangat rendah. Kondisi ini dapat menimbulkan otot melemah, kram, kejang, hilangnya kesadaran, hingga koma.

Berapa takaran normal minum air putih?

Pada dasarnya, kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda. Perbedaan tersebut bisa terjadi karena usia, jenis kelamin, cuaca aktivitas, hingga kondisi kesehatan masing-masing.

Namun, ada juga standar yang bisa diterapkan secara umum. Dikutip dari laman Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kementerian Kesehatan RI, jumlah yang disarankan untuk memenuhi kebutuhan cairan orang dewasa adalah 2 liter air atau setara dengan delapan gelas berukuran 230 ml per hari.

Sementara itu, kebutuhan asupan air bagi anak usia 4-6 tahun adalah 1,2 liter atau setara enam gelas dan anak usia 7-12 tahun membutuhkan 1,5 liter air atau setara 7 gelas per harinya.

Hal lain yang tak kalah penting adalah memastikan kualitas air yang diminum. Pilihlah air minum yang mengandung mineral alami karena kaya akan kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, seperti Le Minerale.

Air mineral Le Minerale memiliki jenis rasa yang segar karena diambil dari sumber mata air pegunungan terpilih. Jika Anda ingin memiliki stok air mineral di rumah, galon Le Minerale adalah pilihan yang tepat. Kemasan galonnya sangat praktis karena dilengkapi handle grip sehingga mudah diangkat dan dipindahkan. Galon Le Minerale juga higienis dan aman dikonsumsi keluarga karena galonnya selalu baru dan dilengkapi tutup ulir yang rapat dan kedap udara. Dengan begitu, Le Minerale sangat aman dari kontaminasi virus dan bakteri.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini