Mengenal Perbedaan Advertising dan Advertisement

Mengenal Perbedaan Advertising dan Advertisement Kredit Foto: Unsplash/Marvin Meyer

Pernahkah Anda mendengar kata advertising dan advertisement? Mungkin awalnya Anda akan berpikir jika kedua kata ini memiliki arti yang sama. Namun dalam tahap praktisnya, advertising dan advertisement adalah dua hal yang berbeda. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Memiliki Arti Yang Serupa Secara Harfiah

Pada dasarnya kedua istilah ini digunakan untuk merujuk pada hal yang sama. Advertising dan advertisement adalah suatu bentuk pemasaran atau propaganda yang digunakan pelaku usaha untuk menjual produk atau membujuk orang agar mereka memiliki cara berpikir tertentu.

Baca Juga: Apa Itu Marketing Mix?

Baik "Ad" dan "Advert", keduanya merupakan bentuk singkat dari kata "Advertisement". Oleh karena itu, Anda dapat dengan jelas melihat bahwa kedua kata ini memiliki arti yang sama.

Namun yang membedakan keduanya bukanlah arti kata secara harfiah, melainkan terdapat makna yang tersirat jika dipahami lebih mendalam. 

Jadi, Apa Bedanya Advertisement dan Advertising?

Avertising adalah cara untuk mempromosikan suatu barang, jasa, atau bahkan pekerjaan yang diperuntukkan untuk orang-orang. Pendistribusian iklan biasanya dilakukan melalui berbagai media, antara lain iklan cetak berupa surat kabar, majalah, atau tabloid yang memuat suatu informasi dan akan selalu dibaca oleh masyarakat sehingga di dalamnya muncul beberapa iklan produk untuk menarik minat mereka.

Selain itu, pastinya kita semua juga tahu iklan pada poster, billboard, dan banner. Semua itu masuk ke dalam bentuk traditional marketing. Sekarang ini, perusahaan lebih cenderung mengiklankan produknya di internet melalui serangkaian cara, entah berbayar atau gratis (organik).

Sedangkan advertisement merupakan suatu bentuk iklan itu sendiri. Iklan ini dapat kamu temui di majalah, koran, radio, televisi, hingga internet. Iklan tersebut ditempatkan di lokasi yang strategis, yang selalu dilewati atau dikunjungi orang. Tentu saja tujuannya adalah untuk mempromosikan barang atau jasa mereka, sehingga orang mungkin akan tertarik lalu melakukan pembelian.

Jadi, advertising adalah suatu cara atau kegiatan yang berhubungan dengan periklanan, sementara advertisement adalah iklan yang ditampilkan oleh pemasar. Dengan ini Anda sudah mengerti dan tidak keliru mengenai perbedaan diantara keduanya.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini