Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bukan Kaleng-Kaleng! Laba Erajaya Melonjak Hampir Lima Kali Lipat!

Bukan Kaleng-Kaleng! Laba Erajaya Melonjak Hampir Lima Kali Lipat! Kredit Foto: Erajaya.com
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) membukukan kenaikan penjualan bersih sebesar 47,6% (yoy) dan berhasil mencatat peningkatan laba yang signifikan sebesar Rp558,5 miliar pada semester I 2021 atau 392,4% (yoy) lebih tinggi dari tahun sebelumnya.

Wakil Direktur Utama ERAA, Hasan Aula, mengungkap bahwa sepanjang semester I ERAA mampu menjaga momentum kinerja perusahaan yang tercermin dari kenaikan laba bersih sebesar hampir 5x lipat dibanding semester I tahun 2020 lalu. Penjualan pada paruh pertama tahun ini juga naik menjadi Rp21,4 triliun. Baca Juga: MenkopUKM Tinjau Musim Petik Buncis Standar Ekspor: Bangun & Perkuat Bisnis Model Sektor Pangan

Pencapaian tersebut tidak lepas dari kerja keras dari seluruh tim yang menerapkan strategi yang tepat sasaran untuk memberikan produk dan layanan terbaik kepada pelanggan. Beragam produk-produk baru juga bermunculan dan sangat diterima oleh konsumen berkat teknologi terbaru dan unggulan, di mana kebutuhan handset dan produk pendukung lainnya menjadi sangat penting untuk mendukung kegiatan selama masa pembatasan aktivitas yang terjadi. Baca Juga: Bisnis Tekor hingga Tak Mampu Bagi Dividen, Perusahaan Ini Putuskan Angkat Koper dari Bursa!

"Tahun 2021 ini, dengan mulai kembali bukanya jaringan toko-toko kami, masih dapat kita lihat banyaknya pelanggan yang tetap menyukai bertransaksi di toko karena ada keinginan untuk melihat, mencoba dan merasakan serta mendapatkan pengalaman berbelanja yang memuaskan langsung dari sales specialist kami. Hal ini tentu saja mendorong kinerja Perseroan secara keseluruhan," pungkasnya dilansir pada Sabtu, 21 Agustus 2021.

Secara umum, pandemi dan pembatasan aktivitas di berbagai wilayah di Indonesia dengan jangka waktu yang tidak singkat, menjadi tantangan bagi para pelaku bisnis termasuk Erajaya. Namun, tantangan ini berhasil diubah menjadi opportunity untuk tetap memberikan layanan dan produk unggulan melalu beragam strategi seperti berikut ini.

- Mobile Shopping: memberikan promo terbaru dan terbaik melalui e-catalog dan memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk memesan via chat Whatsapp center

- Home Delivery Service/EraXpress: layanan delivery yang dilakukan oleh pihak Erajaya dalam waktu 3 jam dan gratis ongkir untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam mendapatkan produk yang diinginkan tanpa perlu keluar rumah

- Omni-Channel: layanan berbasis O2O (online to offline maupun sebaliknya) yang memberikan kebebasan bagi pelanggan untuk memesan produk

- Online promotion & exhibition: secara agresif melaksanakan berbagai event promosi melalui online platform www.eraspace.com maupun bekerja sama dengan e-commerce marketplace di Indonesia untuk menawarkan produk unggulan dengan penawaran menarik.

Strategi ini didasarkan pada komitmen Erajaya untuk mengutamakan kepuasan pelanggan dan memberikan customer journey yang positif, lewat semua channel yang dipilih oleh pelanggan baik online maupun offline.

Komitmen Erajaya dengan berupaya meningkatkan jaringan toko ritel kembali dilakukan di tahun 2021. Per 30 Juni 2021, Erajaya telah memiliki toko ritel sebanyak 1.067 toko dengan 88 titik distribusi, serta kerjasama dengan lebih dari 64.000 reseller di wilayah Indonesia, Malaysia dan Singapura. Seiring dengan ekspansi footprint ini, management juga terus memonitor perkembangan dan dampak pandemi, dan akan terus melakukan penyesuaian akan strategi bisnis ke depannya, sesuai dengan kebutuhan.

“Salah satu strategi dalam melakukan ekspansi jaringan, Erajaya memperkenalkan Erafone Cloud Retail Partner, yang merupakan gerai Erafone yang dimiliki oleh investor perorangan, namun di kelola dan dioperasikan sepenuhnya oleh tim Erafone. Seluruh produk gadget, aksesoris dan ekosistem yang di jual di gerai ini adalah portofolio yang lengkap, produk yang orisinil dan bergaransi resmi, seperti layaknya dijual di outlet Erafone lain. Ini merupakan inovasi terbaru dari pengembangan jaringan toko Erafone dengan konsep kemitraan kepada investor perorangan untuk menjadi bagian dari keluarga dan kisah sukses Erajaya, dengan tingkat risiko yang minim” tutup Hasan Aula.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Lestari Ningsih

Bagikan Artikel: