Lika-liku Evakuasi WNI di Kabul, Izin Mendarat Pesawat TNI AU Sempat Ditarik

Lika-liku Evakuasi WNI di Kabul, Izin Mendarat Pesawat TNI AU Sempat Ditarik Kredit Foto: Antara/Aprillio Akbar

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyambut rombongan evakuasi WNI dari Kabul, Afghanistan di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta, Sabtu (21/8/2021) dini hari.

Rombongan itu terdiri dari 26 WNI, 5 warga negara Filipina dan 2 warga negara Afganistan (1 suami dari WNI dan 1 lagi perempuan staf KBRI).

Baca Juga: Ini Kisah Menegangkan Awak Pesawat Skadron Udara 17 Evakuasi WNI dari Afghanistan

"Alhamdulillah, pada dini hari ini, warga negara Indonesia dari Afghanistan telah kita evakuasi, dan baru saja tiba dengan selamat di Jakarta," kata Retno dalam konferensi pers di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, yang ditayangkan via YouTube Kementerian Luar Negeri, Sabtu (21/8).

"Semua evacuee dan tim evakuasi akan langsung menjalani protokol kesehatan, sesuai aturan ketibaan dari luar negeri," imbuhnya.

Retno mengungkap, rencana evakuasi ini dirancang dan dipersiapkan dengan matang selama beberapa hari, secara hati-hati, dan low key.

"Kehati-hatian dan sifat low key ini diperlukan, mengingat adanya dinamika lapangan yang sangat tinggi, dan situasi yang sangat cair. Semua kehati-hatian ini, harus kita lakukan demi keselamatan WNI dan evacuee lainnya. Serta demi kelancaran misi evakuasi secara keseluruhan," papar Retno.

Awalnya, evakuasi direncanakan menggunakan pesawat sipil. Namun, rencana tersebut disesuaikan karena kondisi lapangan yang berubah.

Sesuai koordinasi dengan Panglima TNI, evakuasi diputuskan menggunakan pesawat militer. Selama persiapan, koordinasi erat terus dilakukan dengan Kementerian/Lembaga terkait.

"Semua langkah persiapan, terus dilaporkan kepada Bapak Presiden. Laporan terakhir langsung saya sampaikan kepada Bapak Presiden, tanggal 18 Agustus pagi hari. Kemarin saya juga sampaikan briefing di depan Menko Polhukam, Panglima TNI, Kapolri, Wakil Kepala BIN, dan KSP," jelas Retno.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini