Gara-gara Jeff Bezos, NASA Tangguhkan Kontrak ke Bulan dengan SpaceX Elon Musk!

Gara-gara Jeff Bezos, NASA Tangguhkan Kontrak ke Bulan dengan SpaceX Elon Musk! Kredit Foto: Instagram/Jeff Bezos

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) secara sukarela memutuskan untuk menangguhkan kontrak yang ditandatanganinya dengan perusahaan SpaceX milik Elon Musk. Kontrak berkolaborasi dalam misi Artemis Moon ini ditargetkan untuk membawa manusia ke Bulan lagi.

Penangguhan kontrak ini dilakukan sebagai akibat dari gugatan yang diajukan oleh Blue Origin, milik Jeff Bezos, dengan tuduhan penyimpangan proses seleksi.

Dilansir dari Entrepreneur di Jakarta, Selasa (24/8/21) seorang juru bicara NASA mengkonfirmasi bahwa sidang pengadilan pertama dijadwalkan pada 14 Oktober. Sementara itu, penghentian sementara pekerjaan untuk mengembangkan modul lunar akan berlaku hingga 1 November sehingga memberikan waktu bagi pihak berwenang untuk mengeluarkan keputusan.

Baca Juga: 17 Staf Jeff Bezos Mangkir Tinggalkan Blue Origin, Nah Lho! Ada Apa Nih?

Pada hari Jumat, 13 Agustus, Blue Origin dari Jeff Bezos mengajukan gugatan di Pengadilan Klaim Federal AS yang menentang "evaluasi ilegal dan tidak pantas" NASA atas proposal yang diajukan untuk program Lunar.

Sebagaimana diketahui, April lalu NASA memberi SpaceX kontrak sebesar USD2,9 miliar (Rp41,7 triliun) untuk membangun pendarat bulan untuk proyek Aretemis Moon. Ini membuat Blue Origin keluar dari perlombaan yang mengajukan proposal USD5,9 miliar (Rp84,8 triliun).

NASA mengklarifikasi bahwa pemilihan itu karena pemotongan keuangan yang diberlakukan oleh Kongres Amerika Serikat. Badan tersebut memiliki anggaran untuk menyewa satu pemasok, bukan dua, seperti yang sebelumnya direncanakan dalam tender.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini