Innalillahi... Serangan Israel ke Gaza Lukai 41 Warga Palestina

Innalillahi... Serangan Israel ke Gaza Lukai 41 Warga Palestina Kredit Foto: Getty Images/AFP/Ahmad Gharabli

Media Palestina melaporkan Israel serangan Gaza pada Senin (23/8/2021) malam. Serangan itu dilakukan setelah sejumlah balon berbahan peledak diluncurkan dari wilayah yang dikepung tersebut.

Quds News Network melaporkan pasukan Israel menembakkan setidaknya tiga rudal ke Khan Younis, di selatan Jalur Gaza. Israel juga menembak lahan pertanian kosong di Kota al-Zaytoun, Gaza.

Baca Juga: Miris, Israel Hancurkan 81 Rumah Warga Palestina di Yerusalem Timur

Pada Selasa (24/8), Middle East Eye melaporkan Minggu  (22/8) malam dilaporkan sejumlah balon berbahan peledak diluncurkan dari Gaza ke arah Israel. Muncul laporan terdengar suara tembakan walaupun belum diketahui apakah balon-balon itu menimbulkan kebakaran atau tidak.

Dalam pernyataannya, pemadam kebakaran mengatakan mereka sedang berusaha memadamkan api di daerah perbatasan Eshkol. Serangan itu terjadi beberapa hari setelah pasukan Israel menembak dan melukai lebih dari dua lusin orang Palestina yang sedang memperingati 52 tahun serangan Masjid al-Aqsa tahun 1969.  

Pada Sabtu (21/8) lalu, Kementerian Kesehatan Palestina yang bermarkas di Gaza mengatakan insiden itu melukai setidaknya 41 orang warga Palestina. Mereka termasuk dua orang yang dalam keadaan kritis.

Satu orang diidentifikasi seorang anak laki-laki berusia 13 tahun yang tertembak di kepalanya. Sabtu malam Israel menggelar serangan ke Jalur Gaza, mereka mengaku serangan itu mengincar Hamas.

Faksi Palestina di Gaza berencana menggelar unjuk rasa besar-besaran di selatan Jalur Gaza dekat perbatasan dengan Israel. Sejak Hamas memenangkan pemilihan legislatif tahun 2006 dan mengambil alih jalur tersebut sampai sekarang Israel dan Mesir masih memblokade Jalur Gaza.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini