Mengenal Perbedaan Advertorial dan Press Release

Mengenal Perbedaan Advertorial dan Press Release Kredit Foto: Unsplash/Campaign Creators

Sebagai sebuah bisnis, pahami perbedaan antara kalimat "Beli produk saya" dan "Perusahaan ini memiliki produk hebat yang harus Anda coba". Sebagian besar bisnis sadar bahwa mereka perlu mempromosikan produk atau layanan mereka untuk menceritakan kisah mereka dan menarik pelanggan. Di saat beberapa orang percaya bahwa metode terbaik adalah beriklan, di sisi lain ada orang yang mengupayakan advertorial dan press release.

Banyak perusahaan percaya bahwa kedua istilah tersebut pada dasarnya adalah hal yang sama dan dapat digunakan secara bergantian. Namun, advertorial dan press release memengaruhi pelanggan Anda dengan cara yang berbeda dan pada titik yang berbeda dalam perjalanan pengambilan keputusan mereka. Memahami manfaat dan perbedaan akan membantu Anda untuk lebih memengaruhi audiens target Anda dan pada gilirannya, meningkatkan kesadaran dan penjualan.

Baca Juga: Apa Itu Persentase Pertumbuhan?

Apa Itu Advertorial?

Advertorial adalah iklan yang ditempatkan dalam pengaturan editorial di situs web atau di majalah untuk memberi kesan bahwa itu adalah artikel editorial, bukan iklan berbayar. Istilah advertorial menggabungkan kata advertorial dan editorial. Advertorial klasik menggabungkan aspek sentral dari iklan dan presentasi editorial. Sinonim yang umum digunakan adalah kata advertikel, atau kombinasi antara iklan dan artikel.

Pengiklan berharap bahwa advertorial tidak akan dibaca seperti iklan biasa, tetapi sebagai kontribusi editorial secara alami. Dengan menggunakan taktik ini dalam konteks iklan asli, pengiklan mendapat manfaat dari kredibilitas situs jurnalistik yang sesuai. Dalam skenario kasus terbaik, pembaca juga diberikan konten berkualitas yang memiliki manfaat daripada iklan biasa.

Selain itu, advertorial dapat membantu pengiklan mencapai relevansi konten tingkat tinggi. Penerbit menawarkan ruang advertorial sebagian besar dalam konteks area subjek tertentu. Sebagai pengiklan, Anda cukup mencari tema yang sesuai target dan dapat memenuhi minat kelompok sasaran Anda sendiri.

Kritikus berpendapat bahwa advertorial mampu menipu pembaca. Tuduhan yang disebut 'iklan tersirat' ini telah diprotes oleh banyak orang.

Apa Itu Press Release?

Press release adalah pengumuman resmi (tertulis atau direkam) yang dikeluarkan oleh suatu organisasi kepada media berita dan seterusnya. Kita bisa menyebutnya sebagai "PR", "siaran pers", atau "pernyataan pers", dan selalu membicarakan hal yang sama.

Judul yang digunakan harus berisi kata kerja tindakan, paragraf pertama harus menjawab "siapa", "apa", "mengapa", dan "di mana". Siaran pers juga harus berisi bahasa yang dapat dimengerti.

Sebagian besar siaran pers ringkas hanya berisi satu halaman hingga maksimal dua halaman. Pada akhirnya, perusahaan perlu memberikan informasi yang cukup sehingga outlet berita memiliki bahan yang cukup untuk menerbitkan cerita mereka sendiri tentang apa pun yang diumumkan perusahaan.

Meskipun mungkin Anda tergoda untuk membuat siaran pers yang memperindah pencapaian perusahaan Anda atau memutarbalikkan fakta untuk membuat berita terdengar lebih menarik bagi media, ingatlah: Siaran pers langsung ke hadapan publik, yang berarti pelanggan dan calon pelanggan Anda dapat melihatnya. Alih-alih memikirkan PR semata-mata sebagai tiket untuk mendapatkan liputan berita, Anda juga harus menganggapnya sebagai konten pemasaran yang berharga.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini