Menelisik Kelebihan dan Kekurangan dari Advertising

Menelisik Kelebihan dan Kekurangan dari Advertising Kredit Foto: Indianaexpress.com

Apakah advertising itu baik atau buruk? Apa pro dan kontra dari berbagai bentuk iklan atau advertising? Strategi pemasaran telah bergeser dalam dekade terakhir dengan menggunakan media sosial sebagai platform periklanan utama. Dengan perubahan dan strategi kampanye pemasaran yang agresif ini, advertising telah memasuki kehidupan digital kita, dengan perusahaan teknologi besar yang melacak setiap gerakan dan membombardir kita dengan iklannya setiap saat.

Akan tetapi, iklan yang "sukses" juga memiliki kekurangannya sendiri. Jadi, penting untuk melihat dampak pemasaran produk atau layanan dan bagaimana pengaruhnya terhadap audiens. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari advertising.

Baca Juga: Apa Itu Advertorial?

Kelebihan dari Advertising

1. Advertising adalah cara mudah untuk membuat proposisi nilai.

Audiens perlu melihat bahwa sesuatu dapat memecahkan segala permasalahan yang sedang dihadapi agar mereka mulai mempertimbangkan untuk melakukan pembelian. Nilai sering dilihat sebagai cara menghemat waktu seseorang atau menghemat uang mereka. Periklanan adalah cara mudah untuk membuktikan bahwa ada proposisi nilai yang harus dipertimbangkan dengan brand atau produk. Jika nilai riil yang diterima sama atau lebih besar dari nilai yang diterima dalam pesan iklan, hubungan yang solid dapat dibangun.

2. Advertising menciptakan cara untuk membedakan brand dan produk Anda dari pesaing.

Orang-orang saat ini tidak hanya ingin membeli sesuatu yang "cukup baik". Mereka ingin membeli produk terbaik dengan harga terbaik. Jika seseorang memiliki Rp50 ribu untuk membeli susu anak, kemudian dia melihat ada susu anak berkualitas premium dengan harga yang sama. Pertanyaannya adalah, apakah dia akan membelanjakan semua uangnya untuk membeli satu susu berkualitas premium atau membeli 5 botol susu biasa senilai Rp10 ribu? Membedakan sebuah brand memberikan nilai ekstra pada produk lainnya dan itulah sebabnya kebanyakan orang akan membeli sebotol susu anak berkualitas premium.

3. Mencapai banyak demografi secara bersamaan.

Advertising adalah salah satu cara termudah untuk menjangkau beberapa kelompok sasaran secara bersamaan. Tindakan ini membantu bisnis untuk mengenal lebih baik siapa pelanggan utama mereka, demografi tempat mereka berasal, dan memberikan informasi yang memungkinkan adanya prospek baru. Advertising juga memberi bisnis kesempatan untuk menjangkau beberapa demografi baru untuk menilai seberapa berpengaruh pesan pemasaran mereka.

4. Satu target demografis juga dapat ditekankan.

Advertising juga memungkinkan bisnis untuk secara khusus menargetkan satu demografis. Ini terlihat dengan melakukan kampanye pengiriman surat, pemasaran e-mail, dan bahkan iklan makanan yang ditayangkan tepat ketika orang selesai mengerjakan kegiatannya dan tidak ingin memasak. Jika sebuah bisnis tahu kapan dan di mana mereka dapat menjangkau prospek tertentu, advertising menciptakan titik hubungan alami yang dapat membantu prospek untuk terlibat karena mereka menghargai proposisi nilai yang telah dibuat.

5. Membantu bisnis mencapai demografi yang super spesifik.

Di masa lalu, iklan dilakukan dengan memilih waktu yang tepat dalam satu hari, kode pos tertentu, atau rumah tangga yang dapat menghasilkan sejumlah uang bagi mereka. Saat ini, semua ini memiliki filter untuk melakukan kampanye iklan ultra-spesifik yang terjadi secara online. Hal ini memungkinkan bisnis untuk menemukan pelanggan terbaik mereka di tempat terbaik dan terus mereplikasi hasil tersebut selama periode waktu yang berpotensi tak terbatas.

 

Kekurangan dari Advertising

1. Memerlukan waktu dan uang.

Iklan itu tidak murah. Iklan akan selalu menghabiskan waktu, uang, atau keduanya untuk dapat menyelesaikan kampanye pemasaran dengan sukses. Seseorang mungkin tidak memerlukan biaya apa pun untuk membuat video, tetapi mereka akan menghabiskan waktu untuk mengedit kontennya, menggunakan sumber daya untuk mengunggahnya, dan menghabiskan waktu untuk menanggapi komentar tentang video tersebut.

Ini berarti setiap bisnis harus menemukan cara untuk memastikan bahwa ada waktu atau uang yang dianggarkan untuk membuat iklan sehingga tidak ada kendala yang datang nantinya. Ketika anggaran iklan sedang tidak baik, ini secara alami akan membatasi opsi iklan dan itu berarti membuat opsi pertumbuhan bisnis yang juga terbatas.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini