Kemenhub Lewat KUPP Kelas III Sungai Lumpur Dorong Keselamatan Pelayaran, Caranya...

Kemenhub Lewat KUPP Kelas III Sungai Lumpur Dorong Keselamatan Pelayaran, Caranya... Kredit Foto: Kemenhub

Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas III Sungai Lumpur, Dirjen Perhubungan Laut, Kemenhub RI, meminta pengawasan pelabuhan terus ditingkatkan demi peningkatan service level agreement (SLA). Langkah tersebut penting dilakukan dalam rangka meningkatkan keselamatan transportasi.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Sungai Lumpur Capt. Boyke Aries Sonatha mengatakan, Badan Usaha Pelabuhan (BUP) PT Langlang Laju Layang telah menerima pelimpahan pemanduan dan penundaan kapal. Hal tersebut diharapkan dapat diikuti dengan peningkatan pelayanan standar kinerja pemanduan dan penundaan kapal.

Baca Juga: Beri Kemudahan Bagi UMKM, Kemenhub dan BRI Integrasikan Sitolaut dengan Layanan Digital Banking

Pelimpahan tersebut diharapkan dapat diikuti dengan meningkatkan pelayanan standar kinerja pemanduan dan penundaan kapal sehingga semua bisa dilakukan  sesuai dengan persyaratan peraturan yang sudah ditentukan. 

"Terpenting, semua operasi dilakukan dengan pelayanan yang baik mengacu kepada SOP, sistem dan prosedur pelayanan jasa pemanduan dan penundaan kapal," kata Boyke dalam keterangan resminya, Minggu (29/8/2021)

Menutnya, jika semua dilakukan sesui SOP, diharapkan dapat menunjang keamanan dan keselamatan pelayaran dan lingkungan maritim di provinsi Sumatera Selatan. BUP PT. Langlang Laju layang yang telah menerima mandat juga diharapkan menjalankan ketentuan tarif yang kompetitif yang sejalan dengan peraturan dan perundangan yang melaku. 

"Begitupun dengan kewajiban terhadap Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari jasa tersebut yang nantinya dibayarkan kepada pemerintah,"ujarnya

Dia mengungkapkan untuk peningkatan SLA di pelabuhan, pihaknya telah menggelar Sosialisasi Penetapan Perairan Pandu Luar Biasa  (PPLB) dan Sosialisasi Pelimpahan Pemanduan dan Penundaan Kapal serta Sosialisasi Sistem Prosedur Pelayanan Jasa Pemanduan dan Penundaan Kapal. Sosialisasi dilakukan untuk meningkatkan keselamatan transportasi di bidang pelayaran.

Hadir dalam sosialisasi ini KUPP Kelas III Sungai Lumpur beserta jajarannya, Distrik Navigasi Kelas I Palembang yang diwakili oleh  Kabag TU dan Staf VTS, DPC INSA Prov. Sumsel yang di wakili oleh Purwanto dan Buyung, DPW ISAA Prov. Sumsel, Perwakilan PT. OKI Pulp And Paper Mills, Direktur Operasi & Komersil PT. Langlang Laju Layang Capt. Harry Buana Putra, Kepala Cabang PT. Langlang Laju Layang Andri Yansyah, Manager Operasi PT. Langlang Laju Layang Nicolas August, Riki Gumilar, Rully Yulianto para pengguna Jasa dari PT Rizkia Armada Nusantara, PT Yala Kharisma Shipping dan PT Segara Mitra Abadi. 

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini