Apa Itu Pinjaman Online?

Apa Itu Pinjaman Online? Kredit Foto: Kredit Pintar

Pinjaman online adalah pinjaman dimana keseluruhan transaksi akan terjadi secara online. Biasanya penyedia layanan pinjaman online tersebut dikenal sebagai fintech. Fintech sendiri adalah suatu inovasi pada industri jasa keuangan yang memanfaatkan teknologi. Di Indonesia, diperlukan izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menjadi legal.

Karena itu, masih ada pinjaman online ilegal sehingga mengambil bunga berlebihan. Pinjaman online ilegal juga tidak berbadan hukum. Sehingga proses kerjanya tidak mengikuti prosedur yang sudah dibuat oleh OJK.

Baca Juga: Apa Itu Pialang Saham?

Setiap jenis pinjaman online kurang lebih sesuai untuk situasi bisnis tertentu, seperti Peer to Peer lending, dan lain sebagainya. Meski demikian harus tetap hati-hati karena pencuri data bertebaran di internet, dan datamu bisa saja diambil.

Sebelum mengajukan pinjaman bisnis, alangkah lebih baiknya melakukan riset tentang calon pemberi pinjaman. Jika ingin meminjam uang ke pinjaman online, penting juga untuk mengecek legitimasi perusahaan tersebut ke OJK. Jika belum ada di daftar OJK, lebih baik jangan diambil karena itu berarti ilegal.

Meski demikian, ada beberapa kelebihan dan kekurangan pinjaman online yaitu:

Kelebihan

  1. Proses pengajuan mudah dan praktis
  2. Dana pinjaman dapat dicairkan instan dan cepat
  3. Syarat yang diperlukan mudah dan simpel, misalnya hanya butuh KTP

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini