Kisah Orang Terkaya: Andrei Skoch, Miliarder Rusia Pemilik Raksasa Ekstraksi Logam

Kisah Orang Terkaya: Andrei Skoch, Miliarder Rusia Pemilik Raksasa Ekstraksi Logam Kredit Foto: Twitter/John Merro

Salah satu orang terkaya Rusia, Andrei Skoch adalah pengusaha dan pemilik Lebedinsky Mining yaitu sebuah perusahaan ekstraksi logam. Pria kelahiran Januari 1966 ini adalah mantan bankir sebelum akhirnya terjun memasuki industri logam.

Selain menjadi pengusaha, Skoch juga merupakan anggota parlemen Rusia dan menjabat sebagai politisi aktif.

Andrei kuliah di Institut Budaya Fisik di Moskow di mana ia memperoleh gelarnya sebelum mulai bekerja di MontazhSpetsBank di Moskow. Kemudian, dia bermitra dengan Alisher Usmanov yang memiliki bisnis metalurgi bersama dengan teman lama Lev Kvetnoi yang pernah bekerja untuk Oskol Metal.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Azim Premji, Miliarder Muslim yang Hebat di Bidang Teknologi dan Hobi Berbagi

Andrei bertanggung jawab atas Lebedinsky Mining yang kemudian bergabung dengan Arkhangelsk Mining dan karya Oskal Metal milik Usmanov sehingga melahirkan ke grup Metalloinvest. Kvetnoi kemudian meninggalkan kemitraan untuk menjelajah industri perbankan dan bandara. Namun, Andrei tetap di bisnis ini. Karena itu, hari ini kekayaannnya mencapai USD8,5 miliar (Rp122 triliun), menurut Forbes.

Andrei menjadi wakil Parlemen Rusia di akhir tahun 90-an dan sekarang dikenal sebagai orang terkaya di Duma. Pada tahun 2010, Metalloinvest mengklaim total pendapatan lebih dari USD7 miliar

dan pada tahun yang sama mengumpulkan sekitar USD3 miliar untuk tujuan memperluas bisnis. Andrei akan menjadi salah satu pemilik USM yang memegang bersama dengan Alisher Usmanov mitra aslinya dan Farhad Moshiri di November 2012. Di tahun yang sama, Metalloinvest mengatakan telah meraup penjualan bersih senilai lebih dari USD8 miliar dengan mempekerjakan sekitar 62.000 orang.

Andrei memperoleh kekayaannya yang sangat besar ketika dia masih sangat muda, menghasilkan miliaran pertamanya pada usia 40 tahun. Ayahnya, Vladimir, sekarang memiliki 30% dari raksasa pertambangan dan logam Metalloinvest melalui USM Holdings milik Usmanov.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini