Berpengalaman Kembangkan OTT & Digital, IPTV Rekrut Mantang Petinggi Smartfren sebagai COO Vision+

Berpengalaman Kembangkan OTT & Digital, IPTV Rekrut Mantang Petinggi Smartfren sebagai COO Vision+ Kredit Foto: MNC Bank

MNC Group merekrut Roy Debashis sebagai COO Vision+ dan Playbox, unit usaha PT MNC Vision Networks Tbk (IPTV). Pria asal India ini memiliki 20 tahun pengalaman sebagai profesional di bidang desain, pengembangan, pemasaran dan kepemilikan produk over the top (OTT).

"Roy Debashis ditunjuk menjadi COO Vision+ dan Playbox, unit usaha PT MNC Vision Networks Tbk," kata Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo, Senin (30/8/2021).

Roy sebelumnya berkarier di salah satu perusahaan penyedia layanan telekomunikasi di Indonesia, PT Smartfren Telecom Tbksebagai Vice President - Head of Content, Digital Services, OTT and Digital Transformation.

Roy mencatatkan sejumlah prestasi. Dia berkontribusi besar dalam transformasi digital perusahaan tersebut.Menjadi pionir dan ujung tombak untuk aplikasi OTT film dan konten streaming dengan nama kode "Jakarta Talkies".

Baca Juga: Strategi Kolaborasi Anak Usaha MNC Vision Networks dan Telkom Jadi Andalan Pacu Bisnis Streaming

Dia juga memimpin banyak kerja sama antara perseroan dengan para penyedia konten tier 1 OTT dan rumah kreator.Roy berkontribusi dalam menyusun strategi dalam membesarkan bisnis Value Added Service (VAS) yang tadinya tradisional, menjadi konten digital.

Jejak kariernya tercatat di sejumlah perusahan teknologi berskala dunia.Dia pernah menjabat sebagai Vice President - Product & Innovation Reverie Language Technologies pada tahun 2015 hingga 2018.

Sebelumnya, Roy menjadi Program Manager Qualcomm, Head of Business Development - Sales & Marketing Foneclay Inc, Manager Business Development QZ Labs Inc dan Product Manager FLIC Microwaves.

Selain itu, sebagai pengusaha, Roy pernah merintis usaha di berbagai bidang. Mulai dari bisnis makanan, agensi iklan hingga pengembangan teknologi.

Roy merupakan pendiri dan perancang UX untuk Lab Desain Huecoholic. Perusahaan ini melayani konsultasi bagi perusahaan-perusahan, termasuk startup yang akan memulai peluncuran produk mereka.

Selain itu, sebagai pendiri dan mentor di Loyola Incubation, yakni pusat inkubasi yang menciptakan inovasi kewirausahaan di kampus, dan memberi bimbingan kepada wirausahawan pemula.

Baca Juga: Agresif di Bisnis E-Commerce, MNC Group Rekrut Country Manager Zilingo Patrick Vaz

Pria yang memiliki ketertarikan besar dalam pengembangan aplikasi, produksi film dan fotografi fesyen ini pun sukses merancang SnapEveryday. Sebuah aplikasi yang merekam setiap momen menjadi video timelapse.

Pria yang menguasai bahasa India, Inggris dan sedikit bahasa Indonesia ini merupakan peraih gelar Bachelor of Science - Electronics Technology dari Osmania University pada 2001.

Adapun, gelar Master of Science - Telecom Technology diperolehnya dari Sikkim Manipal University of Health, Medical and Technological Sciences pada 2009. Kedua kampus tersebut berada di India.

Sejak lulus kuliah, Roy membangun karier profesional, entrepreneur dan intrapreneur-nya di tanah kelahirannya, India. Hingga akhirnya pada Januari 2018, dia mulai bekerja di Indonesia. Kini, pria ini memilih memperkuat MNC Group.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini