Akhirnya Bantuan Kesehatan Perdana WHO Tiba di Afghanistan

Akhirnya Bantuan Kesehatan Perdana WHO Tiba di Afghanistan Kredit Foto: Reuters/Denis Balibouse

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengirimkan obat-obatan dan perangkat kesehatan lainnya ke Afghanistan. Pasokan medis tersebut diterbangkan dengan pesawat yang disediakan pemerintah Pakistan.

Senin (30/8/2021) dalam pernyataanya WHO mengatakan pengiriman bantuan itu, bantuan pertama sejak Taliban merebut kekuasaan di Afghanistan dua pekan yang lalu. Pesawat yang membawa bantuan itu terbang dari Dubai lalu mendarat di Kota  Mazar-e-Sharif.

Baca Juga: Setelah Serangan Teror Mengerikan, WHO: Persediaan Medis di Afghanistan Hanya Tersisa Beberapa Hari

Kota itu adalah Ibu kota Provinsi Balkh. Taliban merebut kota tersebut pada 14 Agustus, satu hari sebelum kelompok pemberontak itu menduduki Kabul.

WHO mengatakan pasokan tersebut berisi tas trauma dan tas kesehatan darurat yang cukup untuk memenuhi kebutuhan lebih dari 200 ribu orang. Serta mengobati 6.500 pasien trauma.

Lembaga internasional itu menambahkan akan mengirimkannya ke 40 fasilitas kesehatan di 29 provinsi di seluruh Afghanistan. Tim logistik WHO di International Humanitarian City di Dubai yang bertugas memasok pasokan tersebut.

"Jembatan udara humanitarian yang dapat diandalkan sangat dibutuhkan," kata WHO.

"Kerja humanitarian yang sulit untuk memenuhi kebutuhan jutaan warga Afghanistan yang rentan dan masih berada di negara baru saja dimulai," tambah WHO. 

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini