Kisah Orang Terkaya: Zheng Shuliang, Janda Pewaris Aluminium Terbesar di Dunia Berharta Rp145 T

Kisah Orang Terkaya: Zheng Shuliang, Janda Pewaris Aluminium Terbesar di Dunia Berharta Rp145 T Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel

Salah satu orang terkaya di dunia adalah janda dan pewaris perusahaan aluminium terbesar di dunia. Ia adalah Zheng Shuliang, janda pendiri China Hongqiao Group Zhang Shiping, yang meninggal pada 2019.

Zhang Shiping sampai saat terakhirnya memimpin China Hongqiao Group yang terdaftar di Hong Kong, salah satu pembuat produk aluminium terbesar di dunia. Istrinya, Zheng Shuliang adalah wakil ketua China Hongqiao Group. Putrinya, Zhang Hongxia memimpin Weiqiao Textile yang merupakan pemasok tekstil.

Zhang Shiping meninggal dunia dan mewariskan USD10,2 miliar (Rp145,9 triliun) kepada istri dan anaknya.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Andrei Skoch, Miliarder Rusia Pemilik Raksasa Ekstraksi Logam

Zheng Shuliang pun diangkat sebagai wakil ketua dan Direktur eksekutif Perseroan pada 16 Januari 2011. Ia telah bergabung dengan Grup sejak Juli 2009. Saat ini, dia menjabat sebagai direktur dan wakil ketua Shandong Hongqiao sejak Januari 2010 dan direktur Weiqiao Alumina & Power sejak November 2011.

Sebagai Wakil Ketua Eksekutif Dewan China Hongqiao, total kompensasi Shuliang Zheng di China Hongqiao adalah HKD548.000 (Rp1 triliun).

China Hongqiao Group Limited adalah produsen aluminium China yang didirikan pada tahun 1994. Hongqiao telah melampaui pesaing utamanya, UC Rusal, pada tahun 2015 sehingga menjadi produsen aluminium terbesar di dunia.

China Hongqiao mulai memproduksi aluminium dan menghasilkan listrik pada tahun 2002. Sekarang memiliki kapasitas produksi lebih dari 600 juta ton. Anak perusahaannya termasuk Shandong Weiqiao Aluminium Power Co., Ltd., Huimin Huihong New Aluminium Profiles Co., Ltd. dan Hongqiao Investment (Hong Kong) Limited.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini