Camkan Baik-baik! PAN Sudah Lepas dari Bayang-bayang Amien Rais

Camkan Baik-baik! PAN Sudah Lepas dari Bayang-bayang Amien Rais Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Pengamat politik Universitas Andalas, Najmuddin Rasul, menilai Partai Amanat Nasional (PAN) sudah lepas dari bayang-bayang Amien Rais. Salah satu buktinya, terkait sikap PAN yang menyatakan bergabung dalam barisan Parpol pendukung pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Maruf Amin.

"PAN ingin lepas dan buktikan tidak di bawah bayangan Amien Rais," ujarnya, Selasa (31/8).

Menurutnya, bergabungnya PAN juga sebagai bukti keberhasilan Jokowi dalam memperkuat dukungan pemerintahan yang ia pimpin. Di sisi lain, dengan bergabungnya PAN, dikhawatirkan check and balaces yang diperlukan dalam demokrasi akan semakin hilang.

Baca Juga: Isunya Pemerintah Jauh dari Islam, Ketum PAN Bongkar Orang-orang di Lingkaran Jokowi

Najmuddin menilai kondisi ini akan memperparah indeks demokrasi Indonesia yang telah dibangun sejak runtuhnya rezim orde baru. Karena Pemerintahan Jokowi telah berhasil melemahkan oposisi.

Amanat Nasional (PAN) menggelar rakernas II, Selasa (31/8). Dalam sambutannya, Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, menegaskan kembali sikap politik PAN. Melalui Rakernas itu, PAN memutuskan bergabung dengan koalisi pendukung pemerintah.

Beberapa hari lalu Zulkifli Hasan atau Zulhas menjadi salah satu ketua umum partai yang turut diundang Presiden Joko Widodo ke Istana. Bahkan, Jokowi membisikkan sesuatu kepada Zulhas jelang berakhirnya pertemuan tersebut.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini