Gandeng Kominfo, Pahamify Dorong Transformasi Digital di Sektor Pendidikan

Gandeng Kominfo, Pahamify Dorong Transformasi Digital di Sektor Pendidikan Kredit Foto: Tanayastri Dini Isna

Platform belajar online PT Pahami Cipta Edukasi (Pahamify) bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI menyelenggarakan pelatihan bagi para guru untuk menarik minat agar bisa menciptakan konten belajar yang autentik bagi siswanya. Tidak hanya itu, pelatihan ini juga mengajak guru untuk memaksimalkan pemanfaatan fitur-fitur platform digital dalam proses belajar mengajar.

Pelatihan Guru Inspiratif dibuka oleh PLT Direktur Ekonomi Digital Kominfo RI Dr. Ir. I Nyoman Adhiarna, M.Eng; Chief Operating Officer (COO) Pahamify Moh. Ikhsan, Ph.D.; serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan Drs. H. Uca Somantri, M.Si. Kegiatan hang digelar secara virtual ini diikuti oleh lebih dari 300 guru jenjang SD, SMP, hingga SMA di seluruh Indonesia.

PLT Direktur Ekonomi Digital Kominfo RI I Nyoman Adhiarna mengatakan, transformasi digital di sektor pendidikan dan kesehatan merupakan kunci pertumbuhan perkembangan kegiatan ekonomi di masa mendatang. Bila dicermati, sektor pendidikan merupakan salah satu yang paling mudah untuk terdigitalisasi. 

"Tantangan yang kita hadapi saat ini adalah bagaimana mendorong digitalisasi tersebut dapat merata di seluruh Indonesia. Pelatihan Guru Inspiratif yang dijalankan bersama Pahamify ini menjadi salah satu upaya kami untuk mewujudkan hal tersebut," ujarnya di Jakarta, Selasa (31/8/2021). Baca Juga: Digitalisasi Sektor Keuangan, OJK Kolaborasi dengan Kemenkominfo

Sementara itu, COO Pahamify Moh. Ikhsan mengatakan, pelaksanaan Pelatihan Guru Inspiratif bersama Kominfo menjadi sebuah kebanggaan bagi Pahamify karena dapat memberikan nilai tambah secara langsung bagi pendidikan di Indonesia, khususnya melalui ujung tombak generasi tunas bangsa, yaitu Bapak dan Ibu Guru. Pahamify melalui Teacher Community senantiasa mencanangkan Pelatihan, Webinar, hingga Simposium guna meningkatkan kompetensi guru-guru di Indonesia. 

"Kami berharap rangkaian kegiatan ini dapat memperluas wawasan dan pengalaman guru sehingga semakin mumpuni dalam mengajar secara efektif dan efisien di tengah pandemi COVID-19," tukasnya.

Ke depan, Kominfo dan Pahamify terus menggencarkan kegiatan bagi para guru demi mendorong optimalisasi digital sebagai sarana mengajar. Mengangkat tema Pemanfaatan Teknologi Digital, pelatihan ini terdiri dari 4 sesi dengan tema yang berbeda-beda. Keempat tema tersebut antara lain terkait Kurikulum Darurat 2021; Strategi Pembuatan Ice Breaking untuk Memulai Pembelajaran selama PJJ; Pemaksimalan fitur pada Zoom Meeting serta Google Meet untuk PJJ; serta Memanfaatkan Berbagai Platform Digital untuk Asesment dan Engagement Siswa. Baca Juga: Akibat Pandemi, Pahamify Sebut Ada Learning Loss di Pendidikan Indonesia

Sebagai informasi, saat ini Pahamify tengah memberikan akses gratis materi belajar dalam program ‘Sekolah Bareng Pahamify’. Program ini bertujuan untuk membantu guru dalam mengajar dan mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran.

Sekolah Bareng Pahamify dapat diakses oleh guru dan siswa kelas X - XII SMA setiap hari Senin hingga Jumat di jam sekolah, yakni pukul 07.00 - 13.00 WIB. Bagi guru yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut, dapat mengunjungi laman http://bit.ly/DaftarSBPGuru.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini