Apa Itu Pinjaman Lunak?

Apa Itu Pinjaman Lunak? Kredit Foto: Reuters/Johannes Christo

Pinjaman lunak adalah pinjaman yang diberikan oleh bank atau institusi keuangan dengan tingkat suku bunga yang lebih rendah dari suku bunga pasar. Adapun jangka waktu pinjaman juga lebih lama dengan persyaratan pengajuan yang lebih ringan.

Pinjaman lunak juga sering diberikan oleh Bank Dunia. Namun, tidak hanya untuk mendukung negara-negara berkembang tetapi juga untuk membentuk ikatan ekonomi dan politik dengan mereka.

Penawaran ini sering terjadi jika negara peminjam memiliki sumber daya atau materi yang menarik bagi pemberi pinjaman, mungkin tidak hanya menginginkan pembayaran kembali pinjaman tetapi juga akses yang menguntungkan ke sumber daya tersebut.

Baca Juga: Apa Itu Pinjaman Luar Negeri?

Contohnya, China telah aktif dalam memperluas pembiayaan ke negara-negara Afrika dalam dekade terakhir. Ethiopia telah menerima pinjaman sebesar USD10,7 miliar dari pemerintah China dari 2010 hingga 2015 termasuk seluruh paket hibah dan pinjaman lunak senilai USD23 juta untuk mendukung pembangunan dan infrastruktur Ethiopia, seperti jaringan listrik, jaringan seluler, taman industri, jalan dan rel kereta api yang menghubungkan kota Djibouti dan Addis Ababa, ibu kota Ethiopia.

Pinjaman tersebut merupakan bagian dari rencana China untuk mendukung Ethiopia dan untuk mempromosikan pengembangan perdagangan antara negara Afrika dan raksasa Asia itu.

Contoh lainnya yakni pemerintah China memberikan pinjaman lunak senilai $2 miliar kepada Angola pada bulan Maret 2004. Pinjaman itu dibuat sebagai imbalan atas komitmennya untuk menyediakan pasokan minyak mentah secara terus-menerus ke China.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini