Kisah Orang Terkaya: Kuldip Singh Dhingra, Sang Raja Cat Asal India

Kisah Orang Terkaya: Kuldip Singh Dhingra, Sang Raja Cat Asal India Kredit Foto: Twitter/NAREDCO National

Salah satu orang terkaya di India, Kuldip Singh Dhingra. Kuldip Singh adalah pemilik Berger Paints Ltd. Ia lahir pada tahun 1947 dari keluarga yang juga pebisnis di Amritsar, Punjab, India.

Kuldip memiliki gelar sarjana dari Universitas Delhi. Kakeknya telah memulai bisnis cat pada tahun 1898 di Amritsar.

Sang kake, Kesar Singh, adalah seorang pria visioner. Dia memiliki lima putra yang telah dikirim ke semua bagian negara yang berbeda untuk mendirikan bisnis keluarga agar bisa mendistribusikan dan menjual cat dengan rencana ekspansi.

Baca Juga: Ditinggal Orang Terkaya Prancis, Saham Carrefour Langsung Rontok Berkeping-keping!

Pada masa itu, dia memahami pentingnya profesional yang menjalankan bisnis dan selalu mempekerjakan mereka dalam bisnis keluarga. Para profesional disebut 'mitra kerja' karena mereka diberi bagian dari keuntungan.

Pada tahun 1991 Kuldip bersama saudaranya Gurbachan Singh Dhingra membeli Berger Paints Ltd dari kelompok UB Vijay Mallya. Selain India, Berger hadir di Rusia, Nepal, Bangladesh, dan Polandia.

Pada tahun 1991, Berger Paints adalah perusahaan terkecil di sektor cat, mereka harus bekerja keras untuk merebut pangsa pasar dari para pemimpin industri.

Kini, perusahaannya, Berger Paints Ltd merupakan perusahaan cat multinasional India yang berbasis di Kolkata, India. Di bawah kepemimpinan keduanya, perusahaan ini memiliki 16 unit manufaktur di India, 2 di Nepal, masing-masing 1 di Polandia dan Rusia.

Kini, mereka juga memiliki karyawan lebih dari 3.600 dan jaringan distribusi di seluruh negeri dari 25.000+ dealer. Tak aneh Forbes mencatatnya sebagai miliarder dunia berharta USD9,5 miliar (Rp135 triliun)

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini