Industri Ekonomi Kreatif Digital Jawa Barat Tumbuh 40% Saat Pandemi

Industri Ekonomi Kreatif Digital Jawa Barat Tumbuh 40% Saat Pandemi Kredit Foto: Biro Adpim Setda Pemprov Jabar

Jawa Barat mencatat pertumbuhan industri ekonomi kreatif digital mengalami pertumbuhan hingga 40% selama pandemi. Hal itu disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, atau akrab disapa Kang Emil, pada dialog virtual di kanal Youtube Forum Merdeka Barat 9, Kamis (2/9/2021).

"Di Jawa Barat tercatat industri kreatif yang berbasis digital itu tumbuhnya malah tinggi 40%. Ada satuĀ game developerĀ di Kota Bandung dia pendapatannya naik 4 kali lipat. Ada pengusaha-pengusaha pangan yang sudah siap dengan supermarket digital pendapatannya naik 3 kali lipat," jelas Kang Emil.

Baca Juga: KOL Stories x Yoris Sebastian: Peluang Besar Persaingan Sengit, Tips Bertahan di Industri Kreatif

Sementara itu, industri kreatif lain yang bergantung pada mobilitas masyarakat justru menjadi sektor yang paling terdampak akibat pandemi. Misalnya, industri kreatif berbasis musik yang harus menonton berdekatan dan jumlah yang besar. Kemudian, industri pariwisata yang bersifat publik juga harus mengurangi kerumunan masyarakat dalam jumlah besar.

"Jadi artinya dalam kondisi pandemi ini ada yang terguncang dan tertekan, tapi ada juga yang mendapatkan benefit. Selalu kesetimbangan itu terjadi," ujarnya.

Meskipun begitu, Kang Emil mengatakan industri pariwisata di Jawa Barat akan mulai dibuka secara bertahap. Hal ini menimbang tak ada lagi wilayah Jawa Barat yang termasuk wilayah PPKM level 3. Bahkan sekitar 8 wilayah telah berada di PPKM level 2.

"Maka untuk pariwisata, pelan-pelan akan kami buka untuk kita lakukan evaluasi dalam 7 harian," imbuhnya.

Kemudian untuk industri kreatif, Kang Emil mengatakan pihaknya memberikan dukungan bagi para pelaku kreatif berupaya permodalan dan promosi. "Bahkan saya ikut mendesain untuk 23 UMKM, dari sepatu, celana, helm, cincin. Dan tak hanya di Jawa Barat, tapi juga di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan sebagainya," ungkapnya.

Ia optimis industri ekonomi kreatif akan segera pulih seiring dengan percepatan vaksinasi yang ia harap akan sukses di akhir tahun.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini