Dukung Industri Ekonomi Kreatif, Begini Rute Bantuan Pelaku Ekraf Versi Jawa Barat

Dukung Industri Ekonomi Kreatif, Begini Rute Bantuan Pelaku Ekraf Versi Jawa Barat Kredit Foto: Biro Adpim Setda Pemprov Jabar

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan tiga rute bantuan yang digunakan dalam upaya mendukung pelaku ekonomi kreatif.

"Yang pertama itu pertolongan, kedua pemulihan, ketiga penormalan," kata Ridwan Kamil dalam dialog virtual di kanal Youtube Forum Merdeka Barat 9, Kamis (2/9/2021).

Baca Juga: Wakil Gubernur Jabar Luncurkan Rintisan Usaha Petani Milenial Bidang Perkebunan

Ia menyampaikan, untuk tahap pertolongan pihaknya memberikan bantuan dalam bentuk tunai maupun sembako bagi masyarakat yang tak bisa bekerja akibat PPKM. "Karena apapun profesinya, tentu mendapatkan kesusahan selama PPKM. Nah itu kita ada khusus untuk industri kreatif, seniman, dan lain-lain. Ada sekitar dana Rp50 miliar kita siapkan untuk back up mereka," ujarnya.

Kemudian, dari sisi pemulihan, pemerintah Jawa Barat berusaha membantu permodalan bagi para UMKM yang terdampak.. Permodalan dapat diberikan melalui perbankan maupun Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APDB).

Selanjutnya upaya penormalan diwujudkan dengan berkolaborasi bersama negara-negara lain untuk membuka pasar bagi para pelaku UMKM. "Karena ekspor Jawa Barat kan sudah juara 1 sekarang. Sekitar 16% dari total ekspor Indonesia nomor satunya di Jawa Barat. Tapi akan saya push di UMKM, khususnya di industri pariwisata dan kreatif," ungkap Ridwan Kamil.

Lebih lanjut, ia menjelaskan ada dua jalur yang bisa dilalui oleh pelaku usaha untuk memperoleh bantuan dari pemerintah daerah Jawa Barat. Pertama adalah jalur formal melalui dinas pariwisata dan kebudayaan yang membawahi ekonomi kreatif.

"Jadi, ekraf ini sudah dilindungi oleh peraturan daerah dan kami punya komite ekonomi kreatif," tuturnya.

Selain itu, pelaku usaha juga bisa memperoleh bantuan melalui jalur informal, yakni mengontak langsung media sosial Ridwan Kamil. Ia menjelaskan, "Kalau sifatnya mendesak bisa langsung kontak kami. Dari dulu juga media sosial saya, saya pergunakan untuk merespons kebutuhan-kebutuhan yang sifatnya kemanusiaan."

Dari beberapa langkah-langkah dukungan terhadap industri ekonomi kreatif yang telah diterapkan di Jawa Barat, Ridwan Kamil meyakini akan ada perbaikan-perbaikan yang terlihat dalam hitungan bulan, bahkan minggu, ke depannya.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini