Apa Itu Pinjaman Sindikasi?

Apa Itu Pinjaman Sindikasi? Kredit Foto: Antara/Sigid Kurniawan

Pinjaman sindikasi adalah pembiayaan yang ditawarkan oleh sekelompok pemberi pinjaman (sindikasi) yang bekerja sama untuk menyediakan dana bagi satu peminjam. Peminjam dapat berupa perusahaan, proyek besar, atau pemerintah. 

Jenis proyek modal seperti itu seringkali membutuhkan modal dalam jumlah besar yang biasanya melebihi sumber daya atau kapasitas penjaminan pemberi pinjaman tunggal. Dengan demikian, beberapa pemberi pinjaman membentuk sindikat untuk menyediakan peminjam dengan modal yang diminta. Oleh sebab itu, risiko terkait ditanggung bersama dengan pemberi pinjaman lain.

Baca Juga: Apa Itu Pinjaman Lunak?

Pinjaman sindikasi diberikan ketika sebuah proyek membutuhkan pinjaman yang terlalu besar untuk pemberi pinjaman tunggal. Pinjaman sindikasi memungkinkan pemberi pinjaman untuk menyebarkan risiko dan mengambil peluang keuangan yang mungkin terlalu besar untuk basis modal masing-masing.

Suku bunga pada jenis pinjaman ini bisa tetap atau mengambang, berdasarkan suku bunga acuan seperti London Interbank Offered Rate (LIBOR). LIBOR adalah rata-rata suku bunga yang dipinjam oleh bank-bank global besar satu sama lain.

Bank utama dapat memberikan bagian pinjaman yang lebih besar secara proporsional. Tujuan utama dari pinjaman sindikasi ini yakni untuk menyebarkan risiko peminjam di beberapa pemberi pinjaman atau bank. Karena pinjaman sindikasi cenderung jauh lebih besar daripada pinjaman bank biasa, risiko gagal bayar bisa terjadi. Karena itu, pinjaman sindikasi juga digunakan dalam komunitas pembelian dengan leverage pengambilalihan perusahaan besar dengan sebagian besar pendanaan utang.

Pinjaman sindikasi biasanya terlalu besar untuk ditangani oleh pemberi pinjaman tunggal. Misalnya, perusahaan China Tencent Holdings Ltd., yang merupakan perusahaan internet terbesar di Asia dan pemilik layanan pesan populer WeChat dan QQ, menandatangani kesepakatan pinjaman sindikasi pada 24 Maret 2017, untuk mengumpulkan USD4,65 miliar. 

Kesepakatan pinjaman termasuk komitmen dari selusin bank dengan Citigroup Inc. bertindak sebagai koordinator, pemberi mandat utama, dan book runner, yang merupakan penjamin emisi utama dalam penawaran utang baru yang menangani "pembukuan".

Meski demikian, manajemen dan pengawasan dapat dilakukan secara bersamaan, karena ada sharing pengalaman dalam menangani debitur besar.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini