Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Samindo Resources Tingkatkan Efisiensi dengan ISO 50001

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Samindo Resources Tbk yang merupakan penyedia jasa pertambangan batu bara terintegrasi ini, melalui salah satu anak usahanya PT SIMS Jaya Kaltim berhasil mendapatkan sertifkasi ISO 5001.

Corporate Secretary PT Samindo Resurces Tbk Hananto Wibowo mengatakan jajaran manajemen PT Samindo Resources Tbk yakin sertifkasi ISO 5001 ini tidak hanya akan memberikan dampak positif dari sisi internal perusahaan, tapi juga akan memberikan dampak positif kepada klien.

"Efiensi energi akan mendorong struktur biaya Samindo lebih baik lagi yang pada akhirnya akan meningkatkan daya saing Samindo di antara kompetitor," katanya dalam rilis pers yang diterima di Jakarta, Rabu (1/10/2014).

ISO 5001 adalah sebuah standar untuk sistem manajemen energi. Standar tersebut bertujuan untuk membantu organisasi dalam membangun sistem dan proses untuk meningkatkan kinerja, efisiensi, dan konsumsi energi. Standar tersebut berlaku bagi semua jenis dan ukuran organisasi.

Sebagai perusahan yang bergerak di bidang jasa pertambangan, energi adalah salah satu komponen utama dalam kegiatan operasional. Sekitar 23% dari total beban material Samindo adalah biaya energi. Kondisi inilah yang mendorong manajemen Samindo merasa perlu adanya suatu sistem yang komprehensif untuk meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar dalam kegiatan operasional.

Efisiensi energi sendiri menjadi isu yang cukup menyita perhatian jajaran manajemen PT Samindo Resources Tbk. Upaya-upaya untuk melakukan penghematan energi secara berkala telah dilakukan pada setiap proses kegiatan operasional jauh sebelum PT Samindo Resources Tbk mendapatkan sertifkasi ISO 5001.

Kerap kali pekerja di lapangan melakukan kegiatan operasional yang tidak sesuai dengan prosedur baku yang pada akhirnya berimbas pada pemborosan energi. Untuk meminimalisasi hal tersebut maka berbagai pelatihan kerap diberikan kepada pada pekerja di lapangan dengan tujuan untuk menciptakan proses kerja yang efektif.

Baca Juga: Pria Buleleng Diringkus usai Curi Tabung Gas-Barang Elektronik

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cahyo Prayogo
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: