Mengenal Perbedaan Public Relations dan Personal Selling

Mengenal Perbedaan Public Relations dan Personal Selling Kredit Foto: Unsplash/ Scott Graham

Perbedaan yang paling mencolok antara public relations dan personal selling terletak pada keuangannya. Personal selling melibatkan pertukaran uang, sedangkan PR tidak. Kesamaan yang mereka miliki adalah hubungan dengan pelanggan. Transaksi penjualan tidak akan terjadi tanpa adanya hubungan antara pembeli dan bisnis Anda sebagai penjual.

Dalam Public Realtions, hubungan dengan entitas publik, seperti media dan bisnis lainnya, menjadi tujuan utama. Hubungan ini kemudian membantu bisnis untuk memenuhi tujuan, seperti mendapatkan publisitas yang positif. Komunikasi sangat penting untuk kedua bidang tersebut, tetapi PR melibatkan banyak tulisan dan komunikasi formal seperti press conference dan bentuk pengumuman lainnya.

Baca Juga: Apa Itu Advertising Agency?

Apa Itu Public Relations?

Public Relations didefinisikan sebagai "proses komunikasi strategis untuk membangun hubungan yang saling menguntungkan antara organisasi dan pelanggannya". Sebagai pemilik bisnis kecil, fokus utama public relations adalah pada media dengan tujuan menghasilkan publisitas positif bagi perusahaan Anda. Anda akan berinteraksi dengan PR organisasi lain untuk membangun hubungan yang dapat menguntungkan bisnis Anda, seperti berinteraksi dengan vendor, pemasok, dan organisasi lainnya.

Definisi dari Personal Selling

Sebelum mengenal personal selling, kita harus mengenal definisi selling atau penjualan sebagai uang yang Anda dapatkan dari penjualan produk atau layanan Anda. Anda perlu menggunakan beberapa metode untuk membujuk calon pembeli agar membeli apa yang Anda jual.

Anda dapat melakukannya dengan memberikan harga yang wajar atau lebih rendah daripada pesaing Anda, dengan menawarkan barang berkualitas tinggi dan layanan yang hebat atau beberapa insentif lain seperti menyertakan layanan atau fitur tambahan. Anda mungkin juga dapat meyakinkan pelanggan bahwa pembelian tersebut akan memperkaya hidup mereka dengan cara tertentu.

Sementara itu, Personal Selling pada dasarnya adalah aktivitas penjualan. Tujuan dari personal selling adalah untuk membujuk dan meyakinkan calon pelanggan untuk mengambil tindakan yang akan menghasilkan keuntungan baik bagi penjual dan organisasinya.

Personal selling adalah cara Anda menjual produk setelah bertemu langsung dengan pelanggan. Anda akan mempromosikan produk melalui sikap, penampilan, dan memberikan pengetahuan spesifik tentang produk tersebut. Anda harus bisa menginformasikan dan mendorong pelanggan untuk membeli, atau setidaknya mencoba produk tersebut.

Hubungan Antara Public Relations dan Bisnis

Jika Anda ingin membangun hubungan dengan media yang meliput industri Anda, Anda bisa menghubungi mereka kapan pun jika memiliki berita yang ingin disampaikan. Anda akan mencoba meyakinkan mereka bahwa berita tersebut dapat menjadi menarik bagi audiens mereka. Jika mereka meliput Anda, hal itu dapat menguntungkan Anda dengan adanya eksposur dari publik yang tidak memihak, dan itu akan menguntungkan mereka dengan memberikan informasi yang berguna kepada pembaca atau audiens mereka. Anda juga dapat melakukan kegiatan PR ketika Anda berbicara di sebuah komunitas, seperti di pameran dagang, networking function atau chamber of commerce meeting. Sebagai bonus tambahan, media sering meliput acara ini.

Hubungan Antara Personal Selling dan Bisnis

Tanpa adanya personal selling, bisnis Anda tidak akan bisa berkembang. Tidak setiap pemilik bisnis menjadi wiraniaga secara alamiah; bahkan jika ya, ada strategi yang dapat Anda gunakan untuk membantu untuk menjadi lebih efektif. Memahami kepribadian Anda juga dapat membantu Anda menemukan metode penjualan yang paling efektif untuk Anda sendiri. Setiap tenaga penjualan yang Anda pekerjakan juga harus memahami tahapan proses penjualan sehingga mereka dapat mengarahkan pelanggan ke proses transaksi.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini