Waspada... Waspada! Ini Gejala Gula Darah Tinggi yang Perlu Diwaspadai

Waspada... Waspada! Ini Gejala Gula Darah Tinggi yang Perlu Diwaspadai Kredit Foto: Istimewa

Mengontrol gula darah sangatlah penting, apalagi jika Anda memiliki penyakit diabetes tipe 2. Efek serius yang dapat Anda alami dari adanya perubahan gula darah adalah memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mengalami komplikasi kesehatan terkait diabetes. Contohnya seperti stroke, penyakit jantung, dan kerusakan saraf (neuropati).

Ini adalah 7 gejala gula darah tinggi yang harus Anda perhatikan:

Sering Haus dan Buang Air Kecil

Baca Juga: Dukung Penunjang Kesehatan TNI AD, BRI Serahkan Bantuan 6 Unit Ambulans Mini ICU

Ini adalah salah satu gejala gula darah tinggi. Anda dapat merasa sangat haus sehingga perlu minum air putih yang lebih banyak dari biasanya. Kencing berlebihan (poliuria) dapat terjadi karena adanya glukosa yang menumpuk dalam darah, dan ginjal Anda mulai bekerja lebih keras untuk membuang glukosa ekstra itu. Jika ginjal Anda tidak dapat menjaga dan menyesuaikan kadar gula darah dalam tubuh sampai kembali ke batas normal, kelebihan gula akan dikeluarkan dari tubuh melalui urin sehingga Anda mungkin akan mengalami dehidrasi dan merasa pusing.

Lebih Lapar Dari Biasanya Tapi Berat Badan Turun

Baca Juga: BRI Micro and SME Index: Vaksinasi dan Penerapan Protokol Kesehatan Jadi Kunci Kebangkitan UMKM

Banyak orang dengan gula darah tinggi yang tidak terkontrol berkata bahwa mereka memiliki gejala polifagia seperti rasa lapar berlebihan atau peningkatan nafsu makan lebih dari biasanya. Tapi meskipun makan lebih banyak, berat badan justru turun tanpa alasan yang jelas. 

Perubahan berat badan dan nafsu makan ini disebabkan oleh tubuh Anda yang tidak mendapatkan energi dari sumber glukosa. Sehingga, tubuh Anda menyerapnya dari otot dan lemak. Dan ketika tubuh mulai memecah otot dan lemak untuk mendapatkan energi yang dibutuhkan, Anda akan mengalami penurunan berat badan yang tidak disengaja dan tidak sehat.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini