Catat Nih Catat! Ini Janji Ridwan Kamil untuk Anak Yatim Piatu akibat Covid-19

Catat Nih Catat! Ini Janji Ridwan Kamil untuk Anak Yatim Piatu akibat Covid-19 Kredit Foto: Biro Adpim Setda Pemprov Jabar

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjanjikan menanggung biaya pendidikan semua anak yatim piatu karena orang tuanya meninggal akibat terpapar COVID-19.

“Semua yang menjadi yatim piatu karena orang tuanya meninggal COVID-19, tentu, nomor satu, pendidikannya akan kita urus semuanya, minimal sampai SMA atau SMK,” kata Ridwan Kamil di Bandung, Sabtu, 4 September 2021.

Baca Juga: Agenda Jokowi di Bandung Gak Kaleng-Kaleng, Ridwan Kamil Sampai Izin Pihak Istana

Pada dasarnya, katanya, sekolah di Jawa Barat sudah gratis dalam pembiayaan operasional dan SPP mulai dari tingkat SD, SMP yang jadi kewenangan pemerintah kabupten/kota hingga SMA yang menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi. Namun, pemerintah akan merumuskan ulang pembebasan biaya di luar SPP.

Ridwan menilai, banyak masyarakat berkemampuan atau perusahaan ingin berpartisipasi menyantuni warga yang membutuhkan bantuan.

“Jadi di luar pemerintah menjamin pendidikannya, sosialnya, juga banyak yang ingin membantu—itu kami sedang rumuskan,” katanya.

Dinas Sosial Provinsi Jabar mencatat ada 5.642 anak jadi yatim piatu karena orang tuanya meninggal COVID-19. Datanya masih terus diperbarui dan disinkronkan dengan pemerintah kabupaten/kota. Verifikasi data dilakukan untuk menjamin tidak ada anak yang terlewat.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini