Dahsyat! Beberapa Makanan ini Ampuh Cegah Alzheimer

Dahsyat! Beberapa Makanan ini Ampuh Cegah Alzheimer Kredit Foto: Kementan

Penyakit Alzheimer adalah penyebab paling umum dari demensia di antara orang dewasa yang lebih tua. Gejala umum yang Alzheimer sebabkan seperti pikun tentu akan sangat menyulitkan bagi setiap orang. Tapi ada beberapa usaha yang bisa dilakukan agar risiko terkena Alzheimer menjadi kecil, salah satunya lewat asupan makanan yang kaya kan folat. 

Baca Juga: Studi: Folat Berperan Besar dalam Mencegah Penyakit Alzheimer

Asupan folat harian yang diekomendasikan adalah sejumlah 400 mcg (Microgram). Berikut beberapa makanan yang bisa menurunkan risiko Alzheimer, sebagaimana dilasir wellandgood.com. 

Edamame

Edamame adalah jenis kacang-kacangan yang mirip kedelai tetapi punya warna hijau yang Khas. “Satu setengah cangkir edamame yang dimasak memiliki 241 mcg (mikrogram) folat, atau 60 persen dari kebutuhan harian. Itu membuat camilan lezat atau makanan pembuka yang memberikan dorongan energi yang berkepanjangan berkat kombinasi serat dan protein, yang membantu menjaga gula darah tetap stabil.

Kacang Lentil

Setengah cangkir lentil yang dimasak memiliki 179 mcg folat, yang mana hampir memenuhi setengah dari kebutuhan harian. Lentil adalah sumber protein dan serat yang bagus dan merupakan sumber protein nabati yang sangat memuaskan. Mereka luar biasa untuk ditambahkan ke dalam makanan karena seratnya membantu Anda tetap teratur dan meningkatkan kesehatan usus.

Asparagus

Satu setengah cangkir asparagus memiliki 164 mcg, atau 40 persen dari kebutuhan harian. Asparagus juga kaya serat, dan merupakan sumber anthocyanin yang hebat. asparagus mengandung asam amino asparagin, yang bertindak sebagai diuretik alami, membantu membuang kelebihan cairan dan garam dari tubuh Anda.

Bayam

Setengah cangkir bayam kukus menyediakan 131 mcg folat, yaitu sekitar sepertiga dari kebutuhan 400 mcg harian. Ini meningkatkan kekebalan dan kesehatan kulit karena kaya akan vitamin C. Bayam juga bagus untuk vegetarian dan vegan karena merupakan sumber yang kaya zat besi dan kalsium, dua nutrisi yang kebanyakan orang diasosiasikan dengan produk hewani.

Kacang Hitam 

Satu porsi setengah cangkir kacang hitam mengandung 128 mcg folat, kira-kira sepertiga dari kebutuhan harian. Tambahkan kacang ke salad Anda, buat sup kacang, cabai, burrito, salsa kacang, atau casserole dan Anda juga akan mendapatkan serat, antioksidan, plus protein dalam dosis besar.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ganas dan Berbahaya: Yuk Lebih Mengenal Pneumonia

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini