Jual Miliaran Saham Baru ke Investor Strategis, Matahari Dapat Duit Berapa Banyak?

Jual Miliaran Saham Baru ke Investor Strategis, Matahari Dapat Duit Berapa Banyak? Kredit Foto: Antara/M Risyal Hidayat

PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) berencana melakukan penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) atau private placement. Melalui transaksi ini, afiliasi Lippo Group itu akan menerbitkan 1.175 juta saham baru dengan nilai nominal Rp50 per saham. 

Lantas, berapa banyak dana yang dihimpun dari aksi korporasi itu? Corporate Secretary MPPA, Danny Kojongian, mengungkapkan bahwa sampai saat ini perusahaan belum memiliki angka pasti perihal besaran dana yang akan dihimpun melalui transaksi tersebut. Baca Juga: Dolar AS Merah Membara, Rupiah Hari Ini Paling Juara!

"Sampai dengan saat ini perkiraan nilai dana yang akan dihimpun dari PMHMETD masih dalam proses penelaahan akhir oleh MPPA," pungkasnya pada Selasa, 7 September 2021.  Baca Juga: Fix Banget! Investor Sido Muncul Bakal Dapat Bonus Cuma-Cuma Belasan Miliar Rupiah!

Ia menambahkan, pihak pemegang saham pengendali berencana untuk melaksanakan HMETD-nya, namun besarnya nilai komitmen masih belum dapat disampaikan. Sementara itu, pembeli siaga dalam PMHMETD juga masih dalam proses perencanaan dan akan disampaikan dalam Pernyataan Pendaftaran ke OJK dan Informasi PUT VI MPPA.

"Apabila tidak terdapat pembeli siaga, maka MPPA akan menyesuaikan jumlah nilai dana yang akan dialokasikan untuk pendanaan modal kerja, belanja modal dan pelunasan utang sesuai dengan jumlah nilai emisi yang diperoleh dari PMHMETD," sambungnya.

Nantinya, dana yang diperoleh melalui transaksi tersebut akan digunakan sebagai modal kerja guna peningkatan kualitas persediaan melalui pembelian barang dagangan dari pemasok. Dengan begitu, tingkat persediaan barangan dagangan milik perusahaan akan membaik. 

"Sedangkan belanja modal, antara lain untuk renovasi toko, pengembangan omni-channel, dan ekspansi toko baru yang akan berdampak pada peningkatan aset tetap MPPA," katanya lagi.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini