Ayo Buat Jantung Lebih Sehat dengan 7 Makanan Ini

Ayo Buat Jantung Lebih Sehat dengan 7 Makanan Ini Kredit Foto: Republika

Jantung adalah organ terpenting dalam tubuh yang membuat Anda tetap hidup dan berkembang. Itu sebabnya organ jantung harus dijaga dengan konsumsi berbagai makanan sehat.

Dilansir dari foodndtv.com pada Selasa (7/9), kenyataan yang menakutkan adalah gaya hidup saat ini banyak yang tidak bergerak, manajemen stres yang buruk, dan kebiasaan makan yang tidak sehat membuat serangan jantung menjadi masalah umum bahkan di kalangan kaum muda. Tapi, tidak ada kata terlambat untuk mulai merawat diri sendiri. 

Dengan beberapa perubahan kecil seperti peningkatan aktivitas dan pilihan makanan yang lebih sehat, Anda dapat menyelamatkan diri dari kunjungan rutin ke dokter. Mulailah dengan mengubah beberapa kebiasaan makanan kecil Anda dan lihat bagaimana hal itu membantu Anda meningkatkan kesehatan jantung.

Berikut 7 makanan sehat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

1. Kacang
Selain sebagai sumber energi, protein, dan lemak baik, kacang-kacangan terutama kacang tanah setelah makan dianggap baik untuk kesehatan jantung. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Pennsylvania, AS, kacang tanah membantu jantung bekerja lebih lancar setelah makan dan mengurangi risiko serangan jantung.

2. Buah Beri
Buah beri seperti blueberry dan cranberry dikenal karena sifat anti-oksidannya dan kemampuannya untuk mencegah banyak penyakit termasuk masalah kardiovaskular.  Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal Advances In Nutrition, cranberry memiliki peringkat tinggi sebagai polifenol (antioksidan) yang meningkatkan kesehatan.

3. Jeruk
Buah jeruk yang mengandung vitamin C bermanfaat untuk kekebalan tubuh. Namun jeruk, khususnya, memiliki daftar nutrisi yang panjang. Jeruk penuh dengan potasium yang merupakan elektrolit yang membantu fungsi jantung Anda secara normal.  Studi menunjukkan asupan buah jeruk yang lebih tinggi membantu mencegah penyakit jantung terkait obesitas.

4. Ikan
Salmon, mackerel, trout, sarden dan ikan berlemak lainnya mengandung asam lemak omega 3 tinggi yang bagus untuk kesehatan jantung.  Meskipun tahu manfaat lemak sehat, penelitian terbaru lebih menekankan tentang hubungan antara asupan asam lemak omega-3 dan detak jantung yang lebih baik.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini