Mudah! Gula Darah Auto Normal dengan Melakukan Beberapa Hal Sederhana Ini

Mudah! Gula Darah Auto Normal dengan Melakukan Beberapa Hal Sederhana Ini Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Pola hidup yang tidak sehat sering kali tidak pernah disadari. Melakukan satu-dua kali kegiatan semisal makan-makanan tertentu mungkin tidak akan berdampak langsung, tetapi bisa jadi sangat berbahaya bagi tubuh. Sebut saja gula darah tinggi yang sering kali menimbulkan masalah besar. 

Gula darah tinggi terjadi ketika tubuh Anda tidak membuat cukup atau secara efektif menggunakan insulin, hormon yang mengatur glukosa darah dan membantu memasuki sel-sel tubuh untuk energi.

Gula darah tinggi sering dikaitkan dengan diabetes. Di masa pandemi seperti saat ini, peningkatan gula darah mungkin tidak bisa dimungkiri lagi seiring kenaikan berat badan. Mengutip laman independent.co.uk disebutkan bahwa lebih banyak orang berisiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2 karena berat badan yang bertambah selama pembatasan mobilitas di masa pandemi.

Baca Juga: Aman! Peneliti Mengungkapkan Tidak Ada Efek Kesehatan Serius dari Vaksin mRNA

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) melaporkan bahwa 13% orang dewasa AS hidup dengan diabetes, dan 34,5% memiliki pradiabetes (1Trusted Source). 

Dengan semua risiko tersebut, penting sekali untuk menjaga gula darah agar tetap normal. Berikut beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan agar gula darah berada pada level normal, sebagaimana dilansir dari healthline.com. 

Berolahraga Secara Teratur

Olahraga teratur dapat membantu Anda mencapai dan mempertahankan berat badan yang moderat dan meningkatkan sensitivitas insulin. Peningkatan sensitivitas insulin berarti sel-sel Anda lebih mampu menggunakan gula yang tersedia dalam aliran darah Anda.

Olahraga juga membantu otot Anda menggunakan gula darah untuk energi dan kontraksi otot. Beberapa jenis olahraga yang cocok untuk menormalkan gula darah antara lain angkat besi, berjalan, lari, bersepeda, menari, hiking, berenang, dan banyak kegiatan fisik lainnya.

Kelola Asupan Karbohidrat 

Tubuh Anda memecah karbohidrat menjadi gula (kebanyakan glukosa), dan kemudian insulin membantu tubuh Anda menggunakan dan menyimpan gula untuk energi. Ketika Anda makan terlalu banyak karbohidrat atau memiliki masalah fungsi insulin, proses ini gagal, dan kadar glukosa darah dapat meningkat. 

Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan tentang ini. American Diabetes Association (ADA) merekomendasikan untuk mengelola asupan karbohidrat dengan menghitung karbohidrat dan menyadari berapa banyak yang Anda butuhkan. 

Minum Air 

Minum cukup air dapat membantu Anda menjaga kadar gula darah Anda dalam batas yang sehat. Selain mencegah dehidrasi, ini membantu ginjal membuang kelebihan gula melalui urin. Satu studi observasional menunjukkan bahwa mereka yang minum lebih banyak air memiliki risiko lebih rendah untuk mengembangkan kadar gula darah tinggi.

Minum air secara teratur membantu rehidrasi darah, menurunkan kadar gula darah, dan dapat mengurangi risiko diabetes.

Kelola Tingkat Stres

Stres dapat memengaruhi kadar gula darah Anda. Hormon seperti glukagon dan kortisol disekresikan selama stres. Hormon-hormon ini menyebabkan kadar gula darah naik Satu studi menunjukkan bahwa olahraga, relaksasi, dan meditasi secara signifikan mengurangi stres dan menurunkan kadar gula darah bagi siswa.

Latihan dan metode relaksasi seperti yoga dan pengurangan stres berbasis kesadaran juga dapat membantu memperbaiki masalah sekresi insulin pada diabetes kronis.

Baca Juga: Dahsyat! Beberapa Makanan ini Ampuh Cegah Alzheimer

Itulah beberapa tips sederhana yang Anda bisa lakukan untuk membuat gula darah Anda normal kembali. 

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini