Mantap! Ini Manfaat yang Didapatkan Ketika Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Mantap! Ini Manfaat yang Didapatkan Ketika Berjemur di Bawah Sinar Matahari Kredit Foto: REUTERS/Agustin Marcarian

Trend berjemur pagi di bawah sinar matahari nampaknya terus meningkat selama pandemi Covid-19 berlangsung. Semenjak dahulu sinar matahari diayakini kaya akan manfaat kesehatan termasuk dalam usaha penangkalan Covid-19. Sebenarnya apa manfaat daya didapat ketika berjemur di bawah sinar matahari? 

Apakah banyak manfaat yang bisa didapat? Ternyata cukup banyak manfaat yang bisa Anda didapat saat berjemur di bawah sinar matahari. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapat sebagaimana dilansir dari laman selecthealth.org.

Meningkatkan Kualitas Tidur Anda

Tubuh Anda menciptakan hormon yang disebut melatonin yang sangat penting untuk membantu Anda tidur. Karena tubuh Anda mulai memproduksinya saat hari sudah gelap, Anda biasanya mulai merasa mengantuk dua jam setelah matahari terbenam, yang merupakan salah satu alasan mengapa tubuh kita secara alami tetap terjaga di akhir musim panas.

Penelitian menunjukkan bahwa satu jam cahaya alami di pagi hari akan membantu Anda tidur lebih nyenyak. Sinar matahari mengatur ritme sirkadian Anda dengan memberi tahu tubuh Anda kapan harus meningkatkan dan menurunkan kadar melatonin Anda. Jadi berjemur di bawah sinar matahari pagi cocok pagi Anda yang merasa sulit untuk tidur di malam hari. 

Mengurangi Stres

Melatonin juga menurunkan reaktivitas stres dan berada di luar akan membantu tubuh Anda mengatur melatonin secara alami, yang dapat membantu mengurangi tingkat stres Anda. Selain itu, karena Anda sering melakukan sesuatu yang aktif saat berada di luar (berjalan, bermain, dll.), olahraga ekstra atau aktivitas fisik lainnya juga membantu menurunkan stres.

Menjaga Tulang yang Kuat

Salah satu cara terbaik (dan termudah) untuk mendapatkan vitamin D adalah dengan berada di luar. Tubuh kita memproduksi vitamin D saat terkena sinar matahari—sekitar 15 menit di bawah sinar matahari sehari sudah cukup jika Anda berkulit putih. 

Dan karena Vitamin D membantu tubuh Anda mempertahankan kalsium dan mencegah tulang rapuh, tipis, atau cacat, berendam di bawah sinar matahari mungkin adalah apa yang diperintahkan dokter.

Membantu Menjaga Berat Badan 

Keluar selama 30 meni antara jam 8 pagi dan siang hari telah dikaitkan dengan penurunan berat badan. Ada, tentu saja, bisa menjadi faktor lain untuk ini, tetapi tampaknya ada hubungan antara sinar matahari di pagi hari dan penurunan berat badan. Tentu harus diimbangi dengan aktivitas fisik semisal olahraga ya. 

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh Anda

Vitamin D juga penting untuk sistem kekebalan Anda, dan dengan paparan sinar matahari pagi yang konsisten, Anda dapat membantu memperkuatnya. Sistem kekebalan yang sehat dapat membantu mengurangi risiko penyakit, infeksi, beberapa jenis kanker, dan kematian setelah operasi.

Melawan Depresi

Itu bukan hanya di kepala Anda; ada alasan ilmiah berada di bawah sinar matahari meningkatkan suasana hati Anda. Sinar matahari meningkatkan tingkat serotonin tubuh Anda, yang merupakan bahan kimia yang meningkatkan suasana hati Anda dan membantu Anda tetap tenang dan fokus. 

Peningkatan paparan cahaya alami dapat membantu meringankan gejala gangguan afektif musiman - perubahan suasana hati yang biasanya terjadi pada bulan-bulan musim gugur dan musim dingin ketika ada lebih sedikit jam siang hari.

Dapat Memberi Anda Hidup Lebih Lama

Sebuah studi yang diikuti 30.000 wanita Swedia mengungkapkan bahwa mereka yang menghabiskan lebih banyak waktu di bawah sinar matahari (berjemur) hidup enam bulan sampai dua tahun lebih lama daripada mereka yang kurang paparan sinar matahari. Lebih banyak penelitian perlu dilakukan di bidang ini, tetapi ini adalah sesuatu yang terus dipelajari oleh para ilmuwan.

Apakah anda rutin menjemur diri di bawah sinar matahari?

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini