Oh… Ternyata Begini Cara Sinar Matahari Memberikan Vitamin D ke Tubuh

Oh… Ternyata Begini Cara Sinar Matahari Memberikan Vitamin D ke Tubuh Kredit Foto: Pexels/Brett Sayles

Umum diketahui oleh banyak orang jika sinar matahari berperan besar dalam memberikan vitamin D ke tubuh manusia. Kita membutuhkan vitamin D untuk membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfat dari makanan kita. Mineral ini penting untuk kesehatan tulang, gigi, dan otot. 

Baca Juga: Mantap! Ini Manfaat yang Didapatkan Ketika Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Kekurangan Baca Juga: vitamin D, yang dikenal sebagai kekurangan vitamin D, dapat menyebabkan tulang menjadi lunak dan lemah, yang dapat menyebabkan kelainan bentuk tulang.Tapi sebenarnya bagaimana cara atau proses sinar matahari menjadi asupan vitamin D ke tubuh kita? 

Melansir health.harvard.edu, Energi matahari mengubah bahan kimia di kulit Anda menjadi vitamin D3, yang dibawa ke hati dan kemudian ginjal Anda untuk mengubahnya menjadi vitamin D aktif.

Perhentian pertama adalah di hati, di mana vitamin D mengambil oksigen ekstra dan molekul hidrogen menjadi 25-hidroksivitamin D, atau 25(OH)D. Ini adalah bahan kimia yang biasanya diukur oleh dokter untuk mendiagnosis kekurangan vitamin D. 

Tetapi meskipun 25(OH)D digunakan untuk diagnosis, ia tidak dapat berfungsi sampai ia berjalan ke ginjal. Di sana ia memperoleh pasangan akhir molekul oksigen dan hidrogen menjadi 1,25 dihidroksivitamin D. Ilmuwan mengetahui bentuk aktif vitamin ini sebagai 1,25(OH)2D, atau calcitriol. Atau bagi orang awam umum disebut sebagai vitamin D.

Apakah Anda rutin berjemur diri di bawah sinar matahari?

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini