Optimalkan Kesehatan Gigi, Coba 5 Makanan Ini

Optimalkan Kesehatan Gigi, Coba 5 Makanan Ini Kredit Foto: Pixabay

Menyikat gigi saja sebenarnya tidak cukup untuk menjaga kesehatan gigi. Beberapa faktor lain juga diperlukan untuk mengoptimalkan kesehatan gigi. Salah satu di antaranya adalah asupan makan.

Pola makan dinilai memiliki kontribusi besar dalam menentukan kesehatan gigi. Asupan makanan atau minuman yang tidak tepat dapat memperburuk kondisi gigi. Beberapa contoh makanan yang sebaiknya dihindari atau dibatasi adalah permen lengket, minuman bersoda yang kaya akan gula, dan makanan bertepung seperti roti, kentang, dan pasta.
 
Makanan bertepung dapat terjebak di antara sela-sela gigi. Dalam kondisi tersebut, makanan bertepung bisa meningkatkan kadar bakteri di dalam mulut yang memicu erosi gigi.

Sebaliknya, menyantap makanan yang tepat dapat membawa beragam manfaat bagi kesehatan gigi. Tentu hal ini tetap perlu ditunjang dengan perawatan gigi yang baik seperti rutin menyikat gigi dan berkunjung ke dokter gigi setiap enam bulan sekali.

Baca Juga: Oh… Ternyata Begini Cara Sinar Matahari Memberikan Vitamin D ke Tubuh

Setidaknya ada lima jenis makanan terbaik untuk menunjang kesehatan gigi. Berikut ini adalah kelima makanan tersebut, seperti dilansir The Ladders, Selasa (7/9).

Makanan Kaya Vitamin
Makanan yang tinggi akan kandungan vitamin seperti keju, kacang, atau sayuran berdaun hijau yang kaya akan kalsium atau daging dan telur yang kaya akan fosfor dapat memperkuat email gigi dan menjaga kesehatan gigi. Sebaliknya makanan atau minuman asam atau bergula dapat mengikis email gigi. Kalsium dan fosfat berperan penting dalam menggantikan mineral yang hilang dan memulihkan email gigi.

Makanan yang kaya akan vitamin D juga baik untuk gigi. Makanans eperti ini dapat berperan untuk mencegah terjadinya penyakit periodontal seperti gingivitis dan periodontitis.

Buah dan Sayuran Renyah
Buah dan sayur yang renyah seperti mentimun, wortel, dan apel dapat membantu menunjang kesehatan gigi. Makanan seperti ini akan membuat gigi bekerja lebih keras dan berperan seperti sikat gigi alami karena dapat membantu membersihkan gigi ketika mengunyah.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini