Sedang Diet? Yuk Optimalkan dengan Mengonsumsi Seledri, Ini Manfaatnya

Sedang Diet? Yuk Optimalkan dengan Mengonsumsi Seledri, Ini Manfaatnya Kredit Foto: Pexels/Karolina Grabowska

Mengonsumsi berbagai macam jenis sayur-sayuran tentu memiliki manfaat kesehatan sendiri. Selain khusus untuk kesehatan, mengonsumsi sayur-sayuran juga menunjang tujuan lain seperti mewujudkan tubuh ideal dengan diet. Ternyata seledri sangat bagus loh untuk menunjang program diet. 

Berikut adalah lima alasan Anda harus mempertimbangkan untuk menambahkan seledri ke dalam diet Anda, sebagaimana dilansir dari laman healthline. 

Sumber Antioksidan

Antioksidan melindungi sel, pembuluh darah, dan organ dari kerusakan oksidatif. Seledri mengandung vitamin C, beta karoten, dan flavonoid, tetapi setidaknya ada 12 jenis nutrisi antioksidan tambahan yang ditemukan dalam satu tangkai. 

Ini juga merupakan sumber fitonutrien yang luar biasa, yang telah terbukti mengurangi peradangan di saluran pencernaan, sel, pembuluh darah, dan organ.

Baca Juga: Mudah! Gula Darah Auto Normal dengan Melakukan Beberapa Hal Sederhana Ini

Mengurangi Peradangan

Peradangan kronis telah dikaitkan dengan banyak penyakit, termasuk radang sendi dan osteoporosis. Seledri dan biji seledri memiliki kurang lebih 25 senyawa anti inflamasi yang dapat memberikan perlindungan terhadap peradangan di dalam tubuh.

Seledri Mendukung Pencernaan yang Sehat

Sementara nutrisi antioksidan dan anti-inflamasinya menawarkan perlindungan ke seluruh saluran pencernaan, seledri mungkin menawarkan manfaat khusus untuk perut.

Polisakarida berbasis pektin dalam seledri, termasuk senyawa yang dikenal sebagai apiuman, telah terbukti mengurangi kejadian sakit maag, memperbaiki lapisan lambung, dan memodulasi sekresi lambung dalam penelitian pada hewan.

Dan kemudian ada kandungan air seledri yang tinggi - hampir 95 persen - ditambah serat larut dan tidak larut dalam jumlah banyak. Semua itu mendukung saluran pencernaan yang sehat dan membuat Anda tetap teratur. Satu cangkir batang seledri memiliki 5 gram serat makanan.

Baca Juga: Gawat! Akan Banyak Nyawa Berjatuhan di Negara-negara Miskin karena Hal Ini

Kaya Akan Vitamin Dan Mineral dengan Indeks Glikemik Yang Rendah

Anda akan menikmati vitamin A, K, dan C, ditambah mineral seperti potasium dan folat saat Anda makan seledri. Ini juga rendah natrium. Plus, itu rendah pada indeks glikemik, yang berarti memiliki efek yang lambat dan stabil pada gula darah Anda. 

Seledri memiliki efek alkalizing.

Dengan mineral seperti magnesium, zat besi, dan natrium, seledri dapat memiliki efek menetralkan makanan asam – belum lagi fakta bahwa mineral ini diperlukan untuk fungsi tubuh yang penting.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini